28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Pj Wali Kota Madiun Lepas Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Kota Madiun, Bhirawa.
Pelepasan Kirab Pataka “Jer Basuki Mawa Beya” dari Kota Madiun ke Kabupaten Magetan. Kirab tersebut secara estafet menjangkau 38 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur. Dengan jarak tempuh hampir 1.915 kilometer dan kirab ini dimulai dari Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jatim dan akan berakhir di Kota Surabaya pada 11 Oktober 2024.

Untuk diketahui bersama, kirab bendera bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Timur itu dijadwalkan tiba di Kota Pendekar, Sabtu (5/10) siang di Balai Kota Madiun sekitar pukul 13.00. Kirab bendera Pataka memang dijadwalkan singgah di Kabupaten Madiun terlebih dahulu sebelum ke Kota Madiun.

Bendera telah menginap sehari di Kota Madiun sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Magetan. Prosesi pelepasan bendera Pataka dijadwalkan, Minggu (6/10) sekitar pukul 08.00. Dalam kirab kali ini juga bakal sedikit berbeda. Mengusung tema ‘Sigap Pilkada Damai Jawa Timur 2024’ kirab juga membawa misi Pilkada yang sukses, lancar, damai, dan aman.

Tak heran, bendera yang dikirab juga bertambah. Setidaknya, ada delapan bendera yang dikirab kali ini. Yakni, Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Palong Praja (Praja Wibawa), Pataka Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Yudha Brama Jaya), bendera logo Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur, dan ditambah bendera lambang KPU serta bendera lambang Bawaslu.

Berita Terkait :  Sri Untari Adukan Pemberitaan Tendensius dan Hoax ke Dewan Pers

Ke delapan bendera itu akan dikirab ke semua daerah di Jawa Timur. Termasuk Kota Madiun. Kegiatan prosesi penerimaan dan pelepasan kirab Pataka di Kota Madiun ditayangkan secara live di channel youtube Pemerintah Kota Madiun. Masyarakat bisa menyaksikan prosesi penerimaan dan pelepasan melalui tayangan live streaming atau menyaksikan langsung di kawasan Balai Kota Madiun.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto menyatakan, kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya telah tiba di Kota Madiun, Sabtu (5/10) siang itu, mengusung semangat ‘Sigap Pilkada Damai Jawa Timur 2024’.

“Dalam penerimaan di Balai Kota, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu. Kirab ini bertujuan memperkuat sinergi antara KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri, sekaligus menggemakan persatuan demi Pilkada yang aman dan kondusif. Mari bersama sukseskan Pilkada 2024,”tegas Pj. Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto. [dar.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img