25 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Kunjungi Kadin Jatim, Dubes Guatemala Tingkatkan Kerjasama Perdagangan dan Investasi


Surabaya, Bhirawa
Duta Besar Guatemala untuk Indonesia, Maynor Jacobo Cuyun Salguero melakukan kunjungan ke Graha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur di Surabaya, Selasa (1/10) lalu. Untuk menjalin kerjasama perdagangan dan investasi dengan Kadin Jawa Timur.

Selain Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, turut hadir Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang Perdagangan dan Promosi Luar Negeri, Prof Tommy Kayhatu, perwakilan dari sejumlah Kadin Kabupaten kota serta puluhan pelaku usaha anggota Kadin Jatim.

Maynor Jacobo Cuyun Salguero mengungkapkan, kehadirannya di Kadin Jatim adalah untuk mempererat hubungan baik antara Guatemala dan Jawa Timur serta terus mencari peluang untuk meningkatkan perdagangan antara Jawa Timur dan Guatemala.

“Kami memiliki hubungan yang sangat baik tetapi kami ingin memperkuatnya menjadi lebih baik lagi untuk mencari lebih banyak peluang bagi produk Guatemala di pasar Indonesia dan juga untuk menemukan lebih banyak peluang bagi produk-produk Indonesia di pasar Guatemala,” kata Maynor Jacobo Cuyun Salguero.

Adapun beberapa produk Guatemala yang dinilai potensial untuk dipasarkan di Indonesia diantaranya adalah produk manufaktur, pertanian dan perkebunan seperti Kakao, gula, kopi, pisang dan makanan olahan. Selain itu juga ada produk tekstil serta kosmetik.

Sementara produk dari Indonesia yang diperlukan di Guatemala diantaranya adalah produk tekstil, suku cadang motor, beberapa produk pertanian, minyak dan masih banyak lagi. ”Kedua belah pihak memiliki beberapa produk yang bisa kita kerjasamakan untuk pasar ekspor dan impor,” tandasnya.

Berita Terkait :  Kemnaker Terus Tingkatkan Koordinasi dan Sinergi Informasi Pasar Kerja

Selain ingin memperbesar kerjasama perdagangan, Dubes Guatemala juga ingin menjaring investor dari Jatim yang ingin menanamkan investasinya di Guatemala. Menurutnya, secara geografis letak Guatemala sangat strategis berada di Amerika Tengah. Perjalanan ke Los Angles, San Fransisco dan juga ke Washington DC hanya memakan waktu sekitar 2 jam. Guatemala adalah negara terpadat di Amerika Tengah dan negara terpadat ke-11 di Amerika.

“Saya tahu Indonesia mempunyai potensi yang sangat bagus, merupakan negara yang besar dan sangat penting bagi Guatemala. Ini adalah langkah awal untuk melanjutkan hubungan yang sangat baik antara kedua negara adalah alasan utama saya di sini untuk memperkuat hubungan, untuk mencari peluang perdagangan dan investasi untuk negara saya Guatemala,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, menyatakan sangat antusias. Apalagi selama ini Guatemala telah menjadi salah satu mitra dagang bagi Indonesia. ”Neraca perdagangan kita dengan Guatemala masih surplus,” kata Adik, Kamis (3/10).

Karena Guatemala terkenal dengan keahliannya dalam budidaya pisang, maka Adik berharap ada kerjasama dengan Indonesia, khususnya Jatim dalam hal budidaya pisang. ”Kita butuh teknologinya bagaimana cara budidayakan pisang sehingga produksi dan kualitas pisang yang dihasilkan sangat bagus. Kita minta teknologi Guatemala dibawa ke Indonesia,” ujarnya.

Adik menambahkan potensi investasi di Jatim sangat tinggi oleh karena itu Adik berharap Guatemala juga mau masuk ke Jatim. ”Begitu juga dengan perdagangan. Kita perlu tingkatkan. Dan setelah pertemuan ini ada rencana akan mengadakan business matching antara pengusaha Jatim dengan pengusaha guatemala. Ini akan kita kawal,” jelas Adik.

Berita Terkait :  Pabrik Gula Panji Situbondo Optimis Target Giling 218 Ribu Ton Tebu 2024 Tercapai

Prof Tommy Kayhatu mengungkapkan, selama ini hubungan dagang antara Jatim dengan Guatemala sudah bagus. Neraca perdagangan antara Jawa Timur dengan Guatemala selama kurun waktu 2020-2024 nilainya selalu surplus. Menurutnya, nilai ekspor Jawa Timur ke Guatemala senantiasa fluktuatif dengan trend pertumbuhan rata-rata 5,38% per tahun. Adapun sharenya terhadap total ekspor Jawa Timur rata-rata per tahunnya 0,03%.

Pada tahun 2020 surplus perdagangan Jatim dengan Guatemala mencapai US$ 5,41 juta. Dengan perincian realisasi ekspor mencapai US$ 5,61 juta sedangkan total impor sepanjang 2020 mencapai US$ 0,20 juta. Di tahun. 2023, total ekspor mencapai US$ 9,26 juta sedangkan impor hanya sebesar US$ 0,05 juta.

“Artinya surplus kita di tahun 2023 mencapai US$ 9,21 juta per tahun. Adapun komoditi non migas Jawa Timur yang diekspor ke Guatemala diantaranya adalah kertas/karton; berbagai produk kimia; benda – benda dari batu, gips, dan semen, kopi, teh, rempah – rempah, perangkat music, benda – benda dari besi dan baja, bahan kimia organik dan alas kaki,” paparnya.

Sebagai salah satu negara tujuan ekspor Jawa Timur, Guatemala posisinya berada di urutan ke-97 pada tahun 2020, tahun 2021 berada di urutan ke-88, tahun 2022 berada di urutan ke-90, tahun 2023 berada di urutan ke-83, 56y6 pada periode Januari – Maret tahun 2024 berada di urutan ke-10`.

Berita Terkait :  PT Smelting Dukung Gelaran Batik Fashion Street Dekranasda Fest 2024

Sementara impor dari Guatemala cenderung menurun dengan trend pertumbuhan rata-rata sekitar (4,94%) per tahunnya. Sedangkan terhadap total impor non migas Jawa Timur ratarata sharenya 0,001% per tahun.

Adapun komoditi impor Jawa Timur dari Guatemala adalah kopi, teh, rempah-rempah; barang-barang rajutan dan rbagai Makanan Olahan. Sebagai salah satu negara asal impor ke Jawa Timur Guatemala pada tahun 2020 berada diurutan ke-114, tahun 2021 berada di urutan ke-108, tahun 2022 berada pada urutan ke-108, tahun 2023 berada di urutan ke-129, sedangkan pada periode Januari – Maret tahun 2024 berada di urutan ke-114. [riq.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img