25 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Polres Bondowoso Goes to School, Sosialisasikan Penggunaan Sepeda Listrik


Bondowoso, Bhirawa
Maraknya sepeda listrik yang digunakan di jalan raya oleh masyarakat termasuk anak di bawah umur hingga terjadi kecelakaan, membuat Satlantas Polres Bondowoso Polda Jatim gencar lakukan sosialisasi lewat program masuk Pak Eko dan Halo Cak Ri.

Kapolres Bondowoso, AKBP Lintar Mahardhono melalui Kasatlantas Polres Bondowoso ,AKP Achmad Rochan mengatakan sosialisasi ini untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Kita sosialisasikan Kamseltibcarlantas kepada pelajar dengan harapan dapat tersampaikan di lingkungan adik – adik pelajar minimal kepada keluarga,” kata AKP Achmad Rochan, Rabu (2/10).

AKP Rochan menjelaskan, sosialisasi yang disampaikan adalah aturan penggunaan sepeda listrik termasuk perbedaannya dengan motor listrik. Sepeda listrik dilarang digunakan di jalan raya karena dapat membahayakan pengguna dan pengendara yang lain.

Mantan Kasi Humas Polres Blitar Kota itu menyebut sepeda listrik berbeda dengan sepeda motor listrik. Meski sama-sama memakai tenaga baterai, tetapi ada perbedaaan yang mendasar. Dijelaskannya, sepeda listrik dirancang hanya digunakan di rute-rute pendek terbatas dan dibatasi kecepatannya maksimum 25 kilometer per jam.

“Sepeda listrik hanya dilengkapi lampu utama, lampu belakang dan reflector,”urainya.

Menurut, masih banyak warga tidak mengetahui, aturan-aturan dalam memakai sepeda listrik, khususnya di jalan raya. Berdasarkan peraturan penggunaan sepeda listrik juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI Nomor PM 45 Tahun 2020 Tentang Kendaraan Tertentu Dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Berita Terkait :  Brave Unusa IV Mengajak Mahasiswa Asing Mengenal Budaya Indonesia

“Pada Pasal 5 ayat (1) Permenhub disebutkan sepeda listrik dapat dioperasikan pada lajur khusus dan/atau kawasan tertentu,” jelas AKP Achmad Rochan.

Selain itu, di Pasal 5 ayat (3) Permenhub itu, juga disebutkan bahwa kawasan tertentu yang dimaksud adalah permukiman, jalan yang ditetapkan untuk hari bebas kendaraan, kawasan wisata, area sekitar sarana angkutan umum massal sebagai bagian dari kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik yang terintegrasi, area kawasan perkantoran dan area di luar jalan.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bondowoso, Aipda Eko Setyo Budi Cahyono, mengaku jika dirinya bersama Briptu Samsul Ma’arif dan Safari yang akrab disapa Cak Ri memberi sosialiasi keamanan dan keselamatan berkendara dan tata tertib berlalu lintas yang benar kepada ratusan pelajar. Bukan hanya tentang Kamseltibcarlantas, program Masuk Pak Eko dan Halo Cak Ri juga mengedukasi pelajar dalam hal penggunaan handphone android secara baik dan bijak.

Satlantas Polres Bondowoso telah go to school seperti diantaranya SMKN PP Tegalampel Bondowoso dan SMPN 1 Taman Krocok. Yakni dengan mengajak semua pelajar untuk berlaku tertib.

“Kegiatan kami hari ini Police go to school dan sosialisasi tata tertib berlalulintas dan larangan penggunaan sepeda listrik dijalan raya dikarenakan bisa mengakibatkan kecelakaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN PP Bondowoso, Ninis Suciati, mengaku sangat mendukung dan berterima kasih atas kegiatan dari Satlantas Polres Bondowoso. ”Kami mendukung sekali karena dengan sosialisasi disekolah, harapan kami anak-anak nanti bisa tertib berlalulintas,” katanya.

Berita Terkait :  Proyek Strategis Nasional SWL Telah Dikaji dari Berbagai Keilmuan

Ungkapan senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMPN Taman Krocok 1 Bondowoso, Setya Budi. Menurutnya, sepeda listrik sudah menjadi pilihan untuk mobilitas namun demikian dihimbau kepada para orang tua untuk selalu mengawasi dan memperhatikan anak-anaknya saat mengoperasikan sepeda listrik. [san.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img