30 C
Sidoarjo
Saturday, October 5, 2024
spot_img

Wisuda SOTH dan Selantang Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Kota Batu


Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berkolaborasi dengan BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga warga Kota Batu. Hal ini dengan menggelar Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) Kota Batu. Tahun ini sebanyak 193 siswa berhasil lulus dan telah diwisuda Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Sabtu (28/9).

Sekolah SOTH dan Selantang ini dilaksanakan untuk mewujudkan kesadaran orangtua terkait pentingnya pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak untuk mandiri dan percaya diri. Dan Aries APmemberikan apresiasi kepada seluruh peserta wisuda SOTH Tahun 2024.

“Wisuda ini adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota Batu karena kegiatan sekolah ini telah mampu meningkatkan kemandirian dan kemampuan diri dalam membina keluarga,” ujar Aries AP dalam prosesi wisuda yang dilaksanakan di Graha Pancasila Balai Kota Batu.

Iapun memberikan apresiasi kepada seluruh lansia yang sudah berhasil menamatkan program Selantang. Pasalnya, walaupun sudah berusia lanjut namun mereka tetap produktif dan mandiri menyejahterakan keluarga dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya ucapkan selamat kepada ibu-ibu semua karena sudah berhasil menjadi orang tua hebat yang bisa membina keluarga dan anak-anak dengan baik,” ungkap Aries AP. Ia juga mengucapkan selamat kepada para Lansia Tangguh yang tetap produktif.

Dalam usia senja mereka mampu meningkatkan kemandirian sebagai lansia yang memberi dampak positif bagi kehidupan. Dan tak hanya itu, para lansia ini juga terus memberikan kontribusinya kepada lingkungan sekitar.

Berita Terkait :  Kekeringan Meluas, BPBD Kabupaten Pasuruan Siaga di Lima Desa

Pj walikota juga menegaskan bahwa dampak positif dari program SOTH dan Selantang ini bukanlah formalitas belaka. Namun, di dalamnya ada keinginan yang tinggi dari pemerintah untuk membuat masyarakat lebih mandiri, tangguh, dan hebat.

Selama ini Pemkot Batu berkomitmen untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat. Dan di antaranya diwujudkan dengan menggelontorkan bantuan dalam bentuk insentif kepada lansia dan disabilitas.

Di akhir bulan lalu, Pemkot Batu melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaksanakan pembagian insentif di Kelurahan Ngaglik. Pembagian ini langsunt diawasi Pj Wali Kota Batu yang didampingi Kabid Pemberdayaan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Batu.

Dalam pembagian insentif ini para lansia dan disabilitas yang sebelumnya telah didata. Melalui insentif ini diharapkan memberikan semangat kepada lansia yang selama ini hidup dalam kekurangan.

“Kita memberi insentif untuk menyemangati para lansia dan disabilitas semoga ini bisa memberikan sedikit keringanan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari,” ujar Aries AP. [nas]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img