25 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Usai Pengundian Nomor Paslon, KPU Kota Probolinggo Gelar Deklarasi Pilkada Damai

Kota Probolinggo, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) dari empat peserta pada Pilkada Kota Probolinggo 2024 pada Senin (23/9) yang dimulai pada pukul 18.00 WIB di GOR Mastrip, Kedopok, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Selanjutnya dilanjutkan agenda Deklarasi Kampanye Damai dan Doa Bersama di lokasi yang sama yakni GOR Mastrip Kedopok sehari sebelum masa kampanye yang akan dimulai pada 25 September hingga 23 November 2024.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Radfan Faizal menjelaskan, deklarasi aksi damai dilakukan sehari sebelum masa kampanye umum dimulai, dengan tujuan agar seluruh pihak yang terlibat dalam kampanye dapat menjalankan kampanye sesuai aturan yang berlaku.

“Harapan kami, deklarasi ini menjadi salah satu upaya untuk memastikan semua subjek dan objek kampanye mematuhi peraturan yang ada selama proses kampanye,” pungkas Ketua KPU Kota Probolinggo.

Ia juga mengatakan, setelah penetapan nomor urut ini, setiap pasangan calon dapat menggunakan nomor tersebut dalam berkampanye secara umum, yang akan dimulai pada tanggal 25 September hingga 23 Oktober 2024.

“Untuk jadwal kampanye (bergantian) dan teknisnya masih menunggu tindak lanjut dari PKPU No. 13 Tahun 2024 tentang pelaksanaan kampanye. Namun, kampanye umum bisa dilakukan sesuai jadwal, yaitu mulai 25 September hingga 23 Oktober,” ujar Radfan.

Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan KPU No. 242 Tahun 2024 tentang Penetapan Nomor Urut dan Daftar Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang dikeluarkan pada tanggal dan lokasi yang sama.

Berita Terkait :  Ketika Khofifah Berbagi Cerita Lakukan Puasa dan Sedekah Bersama Kepala OPD untuk Jatim Berkah

Acara penetapan dihadiri oleh PJ Walikota Probolinggo Bapak Nurkholis, Kapolresta, seluruh Forkopimda, pasangan calon, LO, bawaslu, serta pendukung, dengan batasan masing-masing 50 orang untuk masuk ke dalam gedung.

Adapun para paslon yang sudah mengantongi nomor urut satu yakni Paslon Sri Setyo Pertiwi dan Muh Rachman, yang kedua Paslon Fernanda Zulkarnain dan Abdullah Zabut, ketiga Paslon dr. Aminuddin dan Ina Dwi Lestari, yang keempat paslon Habib Hadi Zainal Abidin dan Zainal Arifin.

Yang menarik pada pengundian kali ini, dua di antara pasangan calon yakni Fernanda Zulkarnain dan Habib Hadi Zainal Abidin kembali mendapatkan nomor yang sama pada Pilkada sebelumnya di tahun 2019. [fir.wwn]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img