28 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Pj Bupati Jombang Lantik Toha Kusen Sebagai KDAW Desa Trawasan

Pj Bupati Jombang, Teguh Narutomo saat melantik KDAW Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jumat (20/09). Foto: arif yulianto/bhirawa.

Jombang, Bhirawa
Penjabat (Pj) Bupati Jombang, Teguh Narutomo secara resmi melantik Toha Kusen sebagai Kepala Desa Antar Waktu (KDAW) Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang di Pendapa Kantor Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jumat (20/09).

Selain dihadiri oleh Pj Bupati Jombang, kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jombang lainnya, Sekdakab Jombang, Agus Purnomo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Jombang, Sholahuddin Hadi Sucipto beserta jajaran, Forkopimcam Sumobito, BPD Trawasan, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat desa setempat.

Pj Bupati Jombang dalam sambutannya mengatakan, menyampaikan terima kasih kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Trawasan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sumbito, serta kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya pemilihan KDAW Trawasan, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif sesuai ketentuan yang ada.

“Hal ini merupakan realisasi dari kedaulatan rakyat serta cerminan masyarakat yang demokratis di Kabupaten Jombang,” kata Pj Bupati Jombang.

Pj Bupati Jombang, Teguh Narutomo juga menyampaikan selamat kepada Toha Kusen yang dilantik sengaja KDAW Desa Trawasan.

Pj Bupati Jombang berharap, tanggungjawab itu dapat dilaksanakan dengan amanah hingga akhir masa jabatan berakhir.

Berita Terkait :  Personel TNI dan Polri Gencar lakukan Patroli Jelang Perayaan 1 Suro

“Jadilah kepala desa yang profesional dan senantiasa berupaya untuk memajukan desa beserta seluruh masyarakatnya, sehingga dapat membawa Desa Trawasan menjadi lebih baik, berkembang, maju dan mandiri,” kata Pj Bupati Jombang berpesan.

Tak lupa Pj Bupati Teguh Narutomo juga menyampaikan terimakasih kepada Pj Kepala Desa Trawasan, Mohammad Rizal dan pengurus Tim Penggerak PKK Desa Trawasan atas jasa dan kiprahnya selama memangku nahkoda desa.

“Kami meyakini, tanpa peran aktif semua pihak yang bersinergi dalam memangku amanah pemerintahan desa, berbagai aktivitas pembangunan dan kemasyarakatan tidak mungkin terlaksana dengan baik,” ungkap Pj Bupati Jombang.

Pj Bupati Jombang memaparkan, secara bertahap, pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan aparatur pemerintah desa, dan dengan peningkatan kesejahteraan ini, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu sambung Pj Bupati Jombang, kepada KDAW yang dilantik, sebagai unsur pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, harus bekerja dengan berpedoman pada asas-asas penyelenggaraan pemerintahan desa, yaitu keterbukaan, efektivitas, efisiensi, kearifan lokal, dan partisipatif.

“Selain itu saudara juga harus mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus membawa perubahan dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di desa yang saudara pimpin ini,” ucap Pj Bupati Jombang.

“Oleh karenanya, segera pahami dan lakukan dengan sungguh-sungguh setiap kewenangan yang dimiliki, demi terciptanya pembangunan yang berkeadilan,” tandas Pj Bupati Jombang.

Berita Terkait :  Kapolres Madiun Berikan Penghargaan Anggota Berprestas

Pj Bupati Teguh Narutomo juga meminta KDAW yang dilantik untuk memastikan layanan masyarakat berjalan dengan baik, dan didukung oleh kebijakan publik yang unggul.

Dia menambahkan, penyelenggaraan layanan administrasi juga harus lebih cepat, lebih mudah, lebih terbuka, dan ramah kepada setiap warga desa.

“Saya tekankan, tidak boleh ada pungutan liar di luar ketentuan peraturan desa atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kunci keberhasilan dalam hal ini hanya satu, yakni integritas,” tandasnya lagi.

Kepada KDAW yang dilantik, Pj Bupati Jombang juga menyampaikan, dalam menjalankan amanah itu, tidak bisa bekerja sendiri.

“Terus bangun koordinasi, komunikasi, sinergi, dan kolaborasi dengan seluruh lembaga dan elemen masyarakat yang ada di desa, termasuk BPD. Kepala desa dan BPD adalah mitra kerja strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Oleh karena itu, harus ada hubungan yang harmonis dan saling mendukung dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa,” beber Pj Bupati Teguh Narutomo. (rif/adv)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img