28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Menikmati Indahnya Pemandangan Bawah Laut di Kawasan TNB Situbondo


Situbondo, Bhirawa
Anda termasuk suka diving ? Anda akan bisa merasakan indahnya pemandangan bawah laut yang ada di Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan yang indah nan eksotis di bawah laut.

Tercatat setidaknya ada empat pantai yang direkomendasikan bagi penghobi diving di kawasan Taman Nasional Baluran seperti Pantai Bilik, Pantai Sijile, Pantai Kakapa, Pantai Lempuyang, Pantai Batu Hitam dan Pantai Sirondo

“Panorama pantainya masih sangat alami dan lestari,” ungkap seorang pencinta diving asal Situbondo, Kukuh Susetiyo di lokasi, Senin (16/9).

Kata Kukuh, di pantai Sijile benar benar memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Ya, pemandangan

Di Pantai Bilik dan Pantai Sijile yang terletak di kawasan Taman Nasional Baluran sangat memukau untuk dijadikan tempat diving.

“Para penyelam akan disuguhkan keindahan gugusan terumbu karang yang eksotis,” imbuh Kukuh.

Selain itu, kupas Kukuh, ikan-ikan hias yang hidup di terumbu karang menambah pesona bawah laut yang memanjakan mata pecintanya.

“Ekosistem laut di sini sangat terjaga karena tidak tercemar limbah industri. Semua masih sangat alami dan lestari,” ujar Kukuh.

Yang lebih mengejutkan lagi, di bawah laut Pantai Bilik dan Sijile, juga ditemukan tanaman bahar yang saat ini sudah mulai langka keberadaannya.

“Kami jarang menemukan tanaman bahar dan baru kali ini menjumpai spesies ini di Taman Nasional Baluran,” tambah Kukuh.

Berita Terkait :  Koordinasi Solid Tekanan Inflasi Tetap Terjaga

Kolega Kukuh bernama Hidayat menimpali, di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo memang memiliki sejumlah objek wisata pantai yang masih lestari. Misalnya seperti Pantai Bilik, Pantai Sijile, Pantai Kakapa, Pantai Lempuyang, Pantai Batu Hitam dan Pantai Sirondo.

“Saat ini, akses jalan menuju Pantai Bilik, Pantai Sijile dan Pantai Lempuyang sudah baik dan bisa dilalui kendaraan roda empat,” tandas Hidayat.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo, Puguh Wardoyo memaparkan, ada sederet program unggulan yang ia gagas selama sebulan terakhir ini. Ada program olahraga rekreasi, peningkatan prestasi olahraga, merangkul semua atlet serta peningkatan pendapatan di sektor pariwisata Pasir Putih dan sejumlah wisata laut di Taman Nasional Baluran.

“Termasuk wisata bahari unggulan sekaligus kebanggaan masyarakat Kota Santri Pancasila Situbondo Pasir Putih serta wisata laut di Labuan Merak juga menjadi atensi kami untuk di kembangkan,” ulas mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo itu.

Kata Puguh, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sebagai Kadisparpora Kabupaten Situbondo, ia akan memacu destinasi wisata yang merupakan bagian dari informasi publik terkait dengan hal memajukan wisata, dengan brand utama destinasi wisata pantai.

Selain itu, aku Puguh, pihaknya juga intens memperkenalkan wisata Taman Nasional Baluran Situbondo yang memiliki wisata pantai Sijile, pantai Bama, Batu Hitam, Kakapa dan pantai lainnya.

Berita Terkait :  Disporabudpar Ajak Dunia Pendidikan Berperan terhadap Kemajuan Ekonomi Kreatif di Sampang

“Di sana kini sudah dibangun jalan dan infrastruktur sepanjang 10 km. Ini dibangun untuk memenuhi fasilitas masyarakat Merak, termasuk fasilitas pendidikan dan kesehatan ikut di bangun,” beber mantan Kabag Organisasi Setdakab Situbondo itu.

Puguh kembali melanjutkan, agar destinasi wisata berbasis pantai dan alam di Situbondo terus tumbuh pesat, Bupati Karna Suswandi juga sudah membangun sarana penerangan jalan di kawasan timur Taman Nasional Baluran (TNB) tersebut. Tak hanya itu, papar Puguh, agar destinasi wisata alam tersebar luas, Bupati Karna Suswandi kerapkali menggelar beberapa event besar di pantai Sijile Merak Baluran. [awi.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img