28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Hari ini, Kopi Pandhang Bulan Kolaborasi Taruna Budaya dan Dewi Ketapanrame


Pemprov, Bhirawa
Desa Wisata Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, menggelar Kopi Pandang Bulan yang merupakan kegiatan kolaborasi bersama Taruna Budaya Jawa Timur, Kamis (19/9) hari ini.

Kepala Dina Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim), Evy Afianasari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut komitmen kerjasama yang sudah ditandatangani oleh Taruna Budaya Jawa Timur dengan Desa Wisata Ketapanrame.

Sebagaimana diketahui, dalam penandatanganan komitmen bersama itu diketahui langsung Kepala Disbudpar Jatim dan Kadisbudporapar Kabupaten Mojokerto pada 30 Juli lalu di Desa Wisata Sumber Gempong Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Disbudpar Jatim menurunkan enam Taruna Budaya Jawa Timur untuk KKN selama lima hari mulai dari 14 September 2024 hingga 19 September 2024, mereka berupaya menggali potensi budaya sesuai komitmen kerjasama. Puncak acara pagelaran Kopi Pandhang Bulan. Dari kesemuanya penggalian potensi kebudayaan nantinya akan mengerucut rekomendasi yang diberikan Taruna Budaya Jawa Timur pada Deda Wisata Ketapanrame.

Seperti diberitakan sebelumnya, kesepakatan kerjasama antara Taruna Budaya Jawa Timur dengan Desa Ketapanrame yaitu pertama, Taruna Budaya Jatim melakukan Hidden History Exploration / Rembug Babad Deso dengan Eksplorasi dan Penggalian informasi terkait potensi budaya dan sejarah yang digali melalui Ahli Sejarah dan Tokoh Adat Desa Ketapanrame dengan bentuk kegiatan diskusi dan berdialog,

Kedua, Taruna Budaya Jatim mendokumentasian desa wisata berbasis budaya mengexplore potensi budaya, wisata, dan sejarah yang ada didesa ketapanrame, ketiga Taruna Budaya Jatim melakukan pengayaan dengan penulisan ilmiah dan artikel popular.

Berita Terkait :  Prodi Ilkom UC Dipercaya Jalankan Swakelola Produksi Video Konten Platform Merdeka Mengajar

Selain tulisan ilmiah yang mendalam, disarankan juga untuk mengembangkan artikel-artikel popular yang mudah dipahami khalayak luas, kemudian dipublikasikan di media masa, blog atau media social untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap kekayaan budaya desa ketapanrame. Dan ke empat dengan melakukan pagelaran seni budaya dan upacara adat.

Harapannya Kesepakatan kerjasama antara Taruna Budaya Jatim bersama Desa Wisata Ketapanrame ini bisa menjadi role model atau pilot project di tingkat kabupaten dan kota yang telah membentuk Taruna Budaya di daerahnya. [rac.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img