24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

UIN SATU Tulungagung Kini Berakreditasi Unggul dari BAN-PT


Tulungagung, Bhirawa
Mulai tanggal 10 September 2024, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung secara resmi meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi unggul ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 1758/SK/BAN-PT/Ak/PT/IX/2024.

Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof Dr H Abdul Aziz, Selasa (10/9), menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Menteri Agama, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, serta Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam atas dukungan dan arahannya selama proses akreditasi.

“Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran serta seluruh jajaran pimpinan, mulai dari para Wakil Rektor, Anggota Senat, Dekan, hingga tim taskforce dan asesor internal, yang bekerja keras dalam menyiapkan dokumen akreditasi dan memastikan seluruh standar BAN-PT terpenuhi,” ujarnya.

UIN SATU Tulungagung memperoleh nilai kumulatif 361 saat penilaian akreditasi. Adapun aspek utama yang menjadi dasar penilaian akreditasi mencakup sembilan kriteria, yaitu visi, misi, tata kelola, sumber daya manusia, kurikulum, sarana prasarana, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama institusional.

Rektor Prof Abdul Aziz juga menyampaikan apresiasinya pada seluruh pihak yang terlibat sehingga UIN SATU dapat meraih akreditasi unggul. ”Ini adalah hasil kerja keras seluruh civitas akademika UIN SATU Tulungagung,” imbuhnya.

Prof Abdul Aziz menyebut keberhasilan meraih akreditasi unggul juga karena peran mahasiswa, alumni, lembaga mitra, dan para pengguna alumni yang memberikan kontribusi besar. Partisipasi mereka dalam memberikan umpan balik positif terhadap proses pendidikan dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UIN SATU turut memperkuat dasar bagi pencapaian akreditasi.

Berita Terkait :  Mahasiswa ITN Ikuti Taiwan Experience Education Program 2024 di Tatung University

“Prestasi ini menjadi pencapaian luar biasa bagi UIN SATU, mengingat proses akreditasi yang ketat dan berstandar tinggi, mencakup evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek, termasuk kurikulum, fasilitas, penelitian, serta pengabdian kepada Masyarakat,” paparnya.

Dengan akreditasi unggul ini, UIN SATU Tulungagung menargetkan dapat menarik lebih banyak mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia, dan memperluas kerjasama dengan institusi pendidikan, baik di dalam maupun luar negeri.

UIN SATU Tulungagung berdiri sejak 1968 dan kini memasuki usia 56 tahun memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berdaya saing global. Dengan 49 program studi yang tersebar di empat fakultas dan satu pascasarjana, UIN SATU saat ini mengelola jenjang pendidikan S1, S2, dan S3. Dari total program studi ini, sebanyak 12 prodi sudah terakreditasi unggul, 17 prodi berstatus baik sekali, 13 baik, 3 prodi terakreditasi A, dan 4 prodi terakreditasi B. [wed.fen]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img