28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Wahana Tata Negara Wiratama 2024

Wujudkan Transportasi Publik yang Tertib dan Lancar

Surabaya, Bhirawa
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Negara (WTN) Wiratama 2024. Bersamaan dengan itu pula, ada 20 Pemkab dan Pemkot di Jatim yang menerima penghargaan WTN dari dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Raihan WTN tahun ini merupakan buah keberhasilan Pemprov Jatim mewujudkan tata transportasi publik yang tertib, lancar, selamat, aman dan berkelanjutan.

Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Presiden RI ini diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono pada Sabtu (7/9). Penganugerahan piala dan piagam penghargaan pada Gelaran Hub Space 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat ini turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jatim, Nyono.

“Penghargaan Wahana Tata Negara Wiratama yang kita terima ini merupakan sebuah pencapaian dari pengelolaan tahun tahun sebelumnya. Artinya, pengelolaan transportasi publik di Jatim sudah bagus. Ke depan, Transportasi Publik di Jatim harus dibangun secara masal dengan lebih efektif lagi,” kata Adhy Karyono.

Dijelaskannya, salah satu penilaian tinggi yang diperoleh Pemprov Jatim, yakni bidang lalu lintas, angkutan, sarana, prasarana dan bidang umum. Penghargaan ini membuktikan bahwa pengelolaan transportasi umum di Jatim tertata baik.

Bahkan, sambungnya, sebagian sudah terkoordinasi dengan Kabupaten/Kota, tinggal mengoptimalkan dari sisi perencanaan. Selain itu, pelaksanaan kegiatan lalu lintas dan semua aspek transportasi telah melebihi standart yang ditetapkan oleh Kemenhub.

Berita Terkait :  Menikmati Indahnya Pemandangan Bawah Laut di Kawasan TNB Situbondo

“Penghargaan ini semakin meningkatkan semangat kita untuk lebih menata dan memaksimalkan fungsi dan layanan angkutan publik. Ke depan kita juga berharap segera akan merealisasikan transportasi massal baik MRT maupun LRT,” tegasnya.

Di sisi lain, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan terima kasih atas dedikasi Pemerintah Daerah atas komitmen bersama. Utamanya mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat secara efektif.

“Kami melihat banyak daerah melakukan pengembangan dalam memberikan layanan transportasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi daerah lain untuk semakin meningkatkan transportasi masal yang maju dan efektif.

“Terima kasih kepada Kepala Daerah yang berhasil meraih penghargaan WTN. Semoga melalui penghargaan ini menjadi motivasi bagi daerah lain untuk semakin maju meningkatkan transportasi masalnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kadishub Jatim, Nyono menambahkan, penghargaan berupa piala Wahana Tata Nugraha Wiratama ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari proses pengusulan calon peserta, seleksi administrasi, survey lokasi penilaian dan penilaian hasil survey. Dilanjutkan dengan penetapan peraih Penghargaan WTN serta penyerahan penghargaan WTN.

Nyono bersyukur bahwa 20 Kabupaten/Kota di Jatim lolos verifikasi dan memenuhi klasifikasi Kota Kecil, Kota Sedang, Kota Besar dan Kota Raya.

“Allhamdulillah setelah dilakukan verifikasi terdapat 20 Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria klasifikasi Kota Kecil dan klasifikasi Kota Sedang, Kota Besar dan Kota Raya,” pungkasnya.

Berita Terkait :  SMASA, Jadi Pusat Agen Perubahan di Situbondo

Kemenhub RI juga memberikan penghargaan kepada 20 Kabupaten/Kota di Jatim yakni Klasifikasi Kota Kecil diraih Kabupaten Tuban, Nganjuk, Gresik, Bojonegoro, Kediri, Blitar, Tulungagung, Mojokerto, Pacitan, Trenggalek dan Magetan. Klasifikasi Kota Sedang, diberikan kepada Kota Madiun, Kediri, Blitar, Mojokerto, Kabupaten Banyuwangi, Malang dan Jember.

Sedangkan, Kota Besar diberikan kepada Kota Malang serta Klasifikasi Kota Raya diberikan kepada Kota Surabaya. Pemprov Jatim juga menerima Piagam Penghargaan sebagai apresiasi telah mengikuti penilaian kinerja penyelenggaraan Sistem Transportasi Perkotaan Tahun 2024. [bed.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img