28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Satpolairud Beri Pelatihan Penyelamatan dan Pertolongan di Perairan Laut Situbondo

Situbondo, Bhirawa.
Dalam situasi cuaca perairan laut yang tidak menentu, semua masyarakat khususnya para nelayan dan masyarakat pesisir wajib waspada dan mengikuti prakiraan cuaca dari BMKG secara seksama. Ini perlu dilakukan guna untuk kesiapan dalam hal penanggulangan bencana atau kecelakaan di laut. Untuk mewujudkan program ini Satpolairud bersinergi dengan Organisasi Masyarakat Senkom Mitra Polri dengan mengadakan pelatihan pengetahuan dasar penyelamatan dan pertolongan dasar di perairan laut Situbondo.

Latihan dilaksanakan di pantai Dusun Patek, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, kemarin lusa Kapolres Situbondo AKBP Rezi Dharmawan, SIK, MIK melalui Kasat polairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH menjelaskan, pelatihan dasar ini dilaksanakan guna menjalin hubungan kerjasama atau sinergi dengan Organisasi Masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan. “Misalnya seperti Senkom Mitra Polri yang nanti dapat bersinergi dalam upaya pencegahan atau penyelamatan dan pertolongan saat terdapat kejadian yang membutuhkan kehadiran Polri,” papar Gede Sukarmadiyasa.

Team pelatih pertolongan dan penyelamatan perairan tersebut, aku Gede, terdiri dari 5 personil Satpolairud yang dibagi menjadi 2 team. Diantaranya, aku Gede, team teori dengan kepala team Kasubnit Binmas Perairan Aipda Fasigai dan Team Praktek lapangan yang diketahui oleh Kanit Patroli Perairan Bripka Farhan, S.Psi, MH

“Adapun materi latihan yang diberikan yaitu cara menolong orang tenggelam di laut atau metode pertolongan di air dan mengevakuasi ke darat baik tanpa alat maupun dengan alat. Selain itu, memperkenalkan alat alat atau sarana yang disediakan saat melaksanakan pertolongan,” urai Gede.

Berita Terkait :  Babinsa Driyorejo Dampingi Kelompok Tani Wanita Tanam Kangkung

Gede kembali memaparkan, pelatihan dasar penyelamatan dan pertolongan tersebut agar peserta bisa menolong orang ketika terjadi musibah di perairan. Dengan banyaknya potensi masyarakat yang berkemampuan memberi pertolongan di permukaan air, tugas Gede, jika ada musibah cepat ditangani,” ujar Gede.

Sementara itu, salah satu anggota Senkom Mitra Polri yang mengikuti pelatihan menerangkan pelatihan tersebut merupakan peningkatan keterampilan organisasi yang dapat membantu. Jika terdapat kejadian di perairan dapat berkolaborasi bersama instansi pemerintah serta dapat membantu tugas tugas kemanusiaan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi anggota Senkom Mitra Polri. Ini karena ilmu yang diberikan bisa digunakan untuk membantu orang lain pada saat melaksanakan tugas kemanusiaan bersama TNI Polri dan Instansi terkait,” pungkas Gede.[awi.ca]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img