32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Santoso Daftar Cabup Tulungagung Nyatakan Lepas Jabatan Kadis LH Setelah Ditetapkan

Santoso dan KH Samsul Umam saat mendaftar sebagai pasangan Cabup dan Cawabup Tulungagung 2024 di KPU Tulungagung, Kamis (29/8) malam.

Tulungagung, Bhirawa
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Tulungagung, Santoso, mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati Tulungagung 2024 bersama pasangannya Calon Wakil Bupati Tulungagung, KH Samsul Umam di Kantor KPU Tulungagung, Kamis (29/8) malam.

Santoso menyatakan ketika sudah ditetapkan sebagai calon bupati oleh KPU Tulungagung akan melepas jabatan sebagai Kadis LH Kabupaten Tulungagung.

Ia juga telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN pada Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno. “Setelah nanti ditetapkan sebagai calon bupati saya akan mundur sebagai ASN. Saya bukan pengecut,” ujarnya usai pendaftaran dirinya sebagai calon kepala daerah diterima oleh KPU Tulungagung.

Santoso menyebut KH Samsul Umam yang menjabat sebagai Ketua Baznas Tulungagung telah pula mengajukan pengunduran dirinya di lembaga amil zakat tersebut. “Kami tidak akan mengunakan fasilitas negara,” tandasnya.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Santoso dan KH Samsul Umam diusung oleh empat partai politik. Yakni Partai Demokrat, PPP, PBB dan Partai Buruh. Secara keseluruhan keempat parpol itu mempunyai suara sah dalam Pileg 2024 sebanyak 8,41 persen.

Ketua KPU Tulungagung, Moh Lutfi Burhani mengungkapkan persyaratan pendaftaran paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Santoso dan KH Samsul Umam sudah lengkap. Tak terkecuali jumlah suara sah dari parpol pengusungnya.

Berita Terkait :  Hadiri Santunan 1446 Anak Yatim dalam Rangkaian Konperwil NU Ke XVIII di Jombang, Khofifah Suntik Motivasi Gapai Cita-cita Setinggi Langit

“Suara sah dari gabungan parpol yang mengusung sebanyak 55.992 suara sah. Sudah memenuhi,” paparnya.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Santoso dan KH Samsul Umam tercatat sebagai paslon yang ketiga mendaftar di KPU Tulungagung. Sebelumnya sudah ada dua paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024 yang telah mendaftar di KPU Tulungagung, yakni paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Maryoto Birowo dan Didik Girnoto Yekti serta paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Gatut Sunu Wibowo dan Ahmad Baharudin.

Sampai berita ini ditulis, ada satu lagi paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024 yang melakukan pendaftaran di KPU Tulungagung. Mereka adalah paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Budi Setijahadi dan Susilowati.

Pasangan calon ini melakukan pendaftaran sekitar pukul 21.00 WIB dan diusung oleh PKB. Partai satu-satunya yang mengusung paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2024, Budi Setijahadi dan Susilowati itu memperoleh suara sah di Pileg 2024 sebanyak 113.647 suara atau 18,1 persen. (wed.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img