24 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Pj Gubernur Jawa Timur Apresiasi Pengembangan Bibit Padi BK 01 dan 02 Agritan Situbondo

Situbondo, Bhirawa.
Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono dan Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan panen raya padi BK Situbondo 01 Agritan, Senin (26/8). Acara tersebut berlangsung di lahan sawah milik Kelompok Tani Kuncup, Desa Demung, Kecamatan Besuki, Situbondo. Hadir mendampingi Bupati Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan); Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro bersama seluruh pimpinan OPD dan Camat berikut para Kabag dilingkungan Pemkab Situbondo.

    Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono sangat mengapresiasi kinerja Bupati Karna Suswandi dalam menciptakan bibit padi varietas unggul baru (VUB), yakni BK Situbondo 01 Agritan dan BK Situbondo 02 Agritan yang sukses diuji coba. Adanya bibit padi tersebut bisa menjadikan Situbondo sebagai lumbung pangan nasional.

    “Padi BK ini sangat luar biasa dalam satu hektarnya karena mampu menghasilkan 8,8 ton lebih itu jauh lebih banyak dari pada bibit padi pada umumnya yang hanya menghasilkan 6 ton per hektare. Ini tentunya keberhasilan pak bupati yang menemukan bibit padi unggul BK 01 Agritan dan BK 02 Agritan,” tutur PJ Gubernur Adhy Karyono.

    PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono didampingi Bupati Situbondo Karna Suswandi serta Kadis Pertanian Provinsi Jatim saat panen raya padi BK 01-02 Agritan di lahan Desa Demung, Kecamatan Besuki. foto : sawawi/bhirawa.

    Pj Gubernur Adhy Karyono menyatakan, Pemprov Jawa Timur berkomitmen untuk mendukung pengembangan bibit padi BK 01 Agritan dan 02 Agritan. “Supaya bibit ini bisa berkembang lebih banyak dan nantinya bisa ditanam oleh para petani. Kalau sudah seperti itu maka Insya Allah akan memberikan jawaban yang signifikan lagi,” imbuhnya.

    Berita Terkait :  Pj Bupati Madiun Berharap Koperasi Kembangkan Pelayanan Digital

    Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengungkapkan, dengan adanya bibit padi BK 01 Agritan dan 02 Agritan ini, produk gabah di Kabupaten Situbondo diperkirakan mencapai 489.655 ton pertahun.

    “Data dari BPS Situbondo, produksi gabah di Kabupaten Situbondo itu 138.721 ton per-tahun. Setelah adanya padi BK Situbondo 02 Agritan, produk gabah kita mencapai 489.655 ton per-tahun. Ini artinya ada peningkatan sebanyak 220 persen. Kalau untuk BK Situbondo 02 Agritan, 463.113 ton per-tahunnya,” pungkas mantan Kepala Dinas PUPP Kabupaten Bondowoso itu. (awi.adv)

    Berita Terkait

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Follow Harian Bhirawa

    0FansLike
    0FollowersFollow
    0FollowersFollow
    spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

    Berita Terbaru

    spot_imgspot_imgspot_img