28 C
Sidoarjo
Thursday, September 19, 2024
spot_img

Produk Inovasi KKN Unisda Dorong Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045

Bupati Yuhronur Efendi saat menutup pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) 2024 di Gedung Sabudga Unisda. foto: alimun hakim/ bhirawa.

Lamongan, Bhirawa.
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan bahwa menuju Indonesia Emas 2045, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, termasuk Pemkab Lamongan, terus berupaya mendorong generasi muda untuk menjadi sumber daya manusia yang tangguh, berdaya saing tinggi, dan disegani di tingkat global.

“Kita terus menyiapkan infrastruktur maupun sumber daya manusia guna menjadikan generasi kita pada Indonesia Emas yang akan datang menjadi generasi dengan daya saing yang hebat, dan tentu menjadi pemenang dalam persaingan apapun di masa depan,” kata Bupati Yuhronur Efendi saat menutup pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) 2024 di Gedung Sabudga Unisda, Kamis (15/8).

Dihadapan para mahasiswa, Pak Yes menekankan pentingnya tema “Smart Village for Sustainable Development” yang seirama dengan arah pembangunan Nusantara yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Dirinya juga mengapresiasi Unisda yang semakin hebat dalam berkontribusi terhadap pengembangan daerah melalui program KKN-nya.

Dalam konteks kolaborasi, Pak Yes berharap Pemkab dan Unisda Lamongan dapat lebih meningkatkan sinergi dalam mengembangkan Desa Smart, yang merupakan salah satu konsep kunci untuk membangun wilayah yang stabil dan berkembang secara berkelanjutan.

Ia menyebut bahwa pengalaman yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti KKN ini akan menjadi akumulasi pengetahuan yang sangat berharga. Pengalaman ini diharapkan dapat dijadikan bekal untuk menjadi sarjana yang kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja.

Berita Terkait :  Aksi Damai Solidaritas Palestina Pantik Kepedulian Sesama

“Akumulasi pengalaman inilah yang bisa menjadi daya saing, kemudian mahasiswa dapat mengimplementasikan pengetahuan dan pengalaman di kampus dengan pengetahuan dan pengalaman yang didapat di area nyata,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Unisda, Muh. Hafidh Nashrullah menyampaikan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan pengalaman KKN sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan kemampuan bersaing.

“Pengalaman yang telah kalian dapatkan selama KKN, menjadi bekal yang berharga untuk menghadapi tantangan di masa depan. Unisda akan terus berkomitmen dalam membentuk generasi unggul yang mampu berkontribusi secara nyata bagi masyarakat,” ujar Hafidh.

Senada dengan Rektor, Ketua LPPM Unisda Lamongan, Ahmad Sholikin menginginkan agar KKN ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran, tetapi juga sebagai landasan bagi para mahasiswa untuk berinovasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Saya berharap KKN ini menjadi momentum bagi mahasiswa untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mereka, serta membawa perubahan positif di desa-desa tempat mereka mengabdi,” harap Ahmad Sholikin.

Mengusung semangat “Untuk Lamongan yang Megilan,” Unisda melalui KKN 2024 ini diharapkan terus berperan aktif dalam pembangunan daerah, mewujudkan visi menjadi universitas yang berkontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa. (aha.yit.hel).

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img