32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

2024, KUD di Sidoarjo Mulai Direvitalisasi

Sidoarjo,Bhirawa
Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di Kabupaten Sidoarjo, mulai tahun 2024 ini akan dilakukan revitalisasi. Karena selama ini, kondisinya dianggap seperti pepatah mati enggan hidup tidak mau.

Untuk itu, Dinas Koperasi dan UM Kabupaten Sidoarjo akan memfasilitasi KUD di Kabupaten Sidoarjo, untuk bisa bermitra dengan lembaga seperti Bulog dan BRI. “Agar ekonomi bergerak kembali,” komentar Kepala Dinas Koperasi dan UM Kabupaten Sidoarjo, M Edi Kurniadi ST MM, Rabub(31/7) kemarin.

Sejumlah Koperasi di Kabupaten Sidoarjo, menurut Edi, juga telah difasilitasi Dinas Koperasi dan UM Kabupaten Sidoarjo, untuk bisa ikut expo 2024 KUKM, mulai 31 juli – 4 Agustus 2024, Grand City Surabaya.

Diantaranya Koperasi rumput laut, koperasi batik, koperasi industri kecil logam, dan koperasi kerajinan kulit serba usaha. Diharapkan koperasi tersebut punya daya saing dan volume usahanya meningkat.

Khusus koperasi rumput laut, kata Edi, ada koperasi di Sidoarjo yang akan melakukan eksport ke China, dijadwalkan pada 12 – 18 Agustus 2024. Eksport ini merupakan eksport yang kedua, setelah yang pertama telah melakukan eksport ke Australia.

Dalam peringatan acara puncak Hari Koperasi Indonesia 2024, Selasa 30 Juli, Dinas Koperasi UM Sidoarjo memberikan penghargaan kepada 7 koperasi, beragam sektor.

Ada koperasi yang sudah eksport, koperasi pemberdayaan seni budaya, koperasi pemberdayaan industri kecil dan logam, koperasi pemberdayaan kerajinan kulit, koperasi sektor pertanian terbaik, Kopwan pemberdayaan ekonomi keluarga, dan koperasi terbaik legendaris diatas 55 tahun.

Berita Terkait :  Hadir di Surabaya Printing Expo, BFI Finance Kenalkan Layanan Pembiayaan Mesin

Edi mengatakan saat ini jumlah koperasi aktiv di kabupaten Sidoarjo ada 631 unit, dengan 117 ribu anggota. Pada tahun buku 2022 lalu, total aset koperasi itu mencapai Rp1.2 triliun, dengan modal sendiri Rp695 miliar.

Koperasi di Kabupaten Sidoarjo, kata Edi, paling dominan adalah jasa keuangan. Sementara sektor perikanan, pertanian, dan produktif lain masih relatif kecil. Sehingga perlu didorong pertumbuhannya.

Puncak peringatan hari Koperasi tahun 2024, di Kabupaten Sidoarjo , diselenggarakan di fave hotel Sidoarjo. Hadir dalam acara itu pengurus, pengawas, manajer dan karyawan koperasi. Juga pembina dan penggerak koperasi. “Keberadaan koperasi itu penting, karena berperan ikut dalam menguatkan ekonomi lokal,” kata Edi. [kus.iib]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img