29 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Pemkab Ponorogo Teken MoU dengan PLN Komitmen Gunakan Energi Terbarukan dan Bersih

Ponorogo, Bhirawa
Pemkab Ponorogo berkomitmen menggunakan energi terbarukan (renewable energy) dan energi bersih (green energy). Komitmen itu diwujudkan melalui penandatanganan MoU Green Energy As A Service (GEAS) dengan PLN Icon Plus SBU Regional Jatim.

Penandatanganan MoU di Pringgitan Rumdin Bupati Ponorogo, Selasa (16/07) itu dihadiri antara lain oleh Bupati Ponorogo, Sekdakab Ponorogo, Manager PLN UP3 Ponorogo, dan Manager SBU Regional Jatim.

Dengan payung MoU itu, Pemkab akan mulai menjalankan peralihan ke energi terbarukan dan bersih. Bupati Sugiri Sancoko telah menyiapkan langkah – langkah peralihan, salah satunya melalui program listrik masuk sawah.

“Penerapannya contohnya di kantor dan kendaraan instansi – instansi pemerintah. Lalu kita perluas cakupan listrik masuk sawah sehingga para petani akan beralih dari sumur pompa berbahan bakar fosil ke pompa listrik,” kata Kang Sugiri.

Dukungan Kang Bupati sangat penting untuk suksesnya program ini. Dedikasinya pada pengembangan serta pemanfaatan energi baru terbarukan melalui Layanan PLN Green Energy as a Service (GEAS)-Renewable Energy Certificate (REC) mendapat piagam Penghargaan dari PLN UP3 Ponorogo.

Sementara itu, Manager PLN Icon Plus SBU Regional Jatim, Rory Aditya menjelaskan, pihaknya memberikan support pada Pemkab Ponorogo. Salah satunya yaitu dengan menyediakan suplai PLTS Atap (Tenaga Matahari).

“Kami suplai dengan PLTS Atap dan ini bisa dioperasikan secara paralel dengan listrik PLN. Jadi Pemkab Ponorogo selain menggunakan energi bersih juga menghemat pemakaian energi,” jelasnya.

Berita Terkait :  Polres Tulungagung Bagikan Air Bersih Ke Warga Terdampak Kekeringan di Enam Kecamatan

PLN Icon Plus juga siap menyuplai kendaraan listrik beserta infrastrukturnya. Jangkauan pelayanan PLN Icon Plus juga cukup luas mengingat adanya kerjasama layanan telekomunikasi di beberapa OPD dan desa.

“Kita juga bisa menyediakan kendaraan listrik berikut infrastruktur misalnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Potensi peralihan bisa sampai 30% tapi yang terpenting ini menunjukkan kesadaran pemerintah untuk beralih ke energi terbarukan dan energi bersih,” terang Rory.

Selain MoU GEAS, Pemkab Ponorogo juga meneken MoU Penyediaan Dan Pengembangan Jasa Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Green Energy Services di Kabupaten Ponorogo dengan PT Indonesia Comnets Plus. [yan.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img