28 C
Sidoarjo
Sunday, October 6, 2024
spot_img

Koarmada II Antisipasi Kejahatan dan Terorisme di Laut dengan Latihan VBSS

Oleh:
Abed Nego, Surabaya

Pangkoarmada II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo membuka latihan Visit, Board, Search and Seizure (VBSS) Tahun 2024, Rabu (3/7). Berlangsung di Dermaga Sea Rider Satkopaska Koarmada II, latihan VBSS ini merupakan upaya dalam menghadapi segala kejahatan maupun pelanggaran hukum dan aksi terorisme di laut.

“Diharapkan latihan ini menghasilkan personel-personel profesional. Utamanya dalam mendukung kesiapan operasional kapal dalam menghadapi berbagai tindak kejahatan yang ada di laut,” kata Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo.

Dijelaskannya, dalam latihan ini melibatkan satuan yang ada di Koarmada II. Yakni Satuan Kapal Eskorta (Satkor), Satuan Kapal Amfibi (Satfib), Satuan Kapal Cepat (Satkat), Satuan Kapal Ranjau (Satran), Satuan Kapal Bantu (Satban) dan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska).

Ariantyo menambahkan, latihan VBSS ini juga bertujuan dalam meningkatkan kemampuan tim pemeriksa tempur laut. Serta mengatasi pelanggaran hukum, tindak kejahatan dan potesi terorisme, serta kontijensi lain yang mungkin terjadi.

“Saya berharap personel harus memahami dan menyamakan pola pikir, tindakan dan sikap dalam pelaksanaan latihan VBSS. Sehingga dapat diimplementasikan secara efektif dalam tugas operasional dan latihan yang akan datang di TNI Angkatan Laut,” tegasnya.

Sambungnya, sebelum melaksanakan latihan lapangan berupa beladiri praktis, menembak reaksi dan drill basah VBSS. Peserta latihan VBSS yang berjumlah 224 orang menerima berbagai teori latihan mengenai VBSS.

Berita Terkait :  Dilanda Isu Dugaan Korupsi, Gus Halim Tetap Gelar Konsolidasi Pilgub Jatim

“Materi ini diantaranya prosedur VBSS, materi ship boarding, handling and seizure, serta hook and climb,” pungkasnya. [bed.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img