32 C
Sidoarjo
Friday, September 20, 2024
spot_img

Libur Sekolah, Dispendukcapil Dibanjiri Perekaman E-KTP Pemula


Kota Madiun, Bhirawa.
Musim libur sekolah wajib dimanfaatkan dengan kegiatan positif. Beberapa pelajar yang telah berusia 17 tahun, memanfaatkan untuk melakukan perekaman E-KTP.

Tak heran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun dibanjiri pelajar yang melakukan perekaman beberapa hari ini.

‘’Permohonan rekam KTP elektronik cenderung meningkat musim libur sekolah dibanding hari biasa,’’ kata Kepala Dispendukcapil Kota Madiun, Agus Triono, Rabu (26/6/2024).

Perekaman KTP, kata Agus, hanya berkisar belasan permohonan di hari biasa. Namun, sejak Senin (24/6) lalu pemohon perekaman mencapai puluhan. Setidaknya ada 68 permohonan rekam E-KTP pada Senin tersebut. Sementara untuk hari berikutnya ada 29 pemohon. Perekaman E-KTP didominasi pelajar.

‘’Memang kita kirimkan surat ke kelurahan untuk diteruskan ke RT dan RW, warga yang sudah 17 tahun untuk melakukan perekaman E-KTP,’’ ungkapnya.

Setidaknya, ada 8.673 warga usia 17 tahun dan potensi 17 tahun hingga Mei nanti di Kota Madiun. Data tersebut berangkat dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Pihaknya terus mengejar ribuan warga potensial pemilih itu agar bisa menyalurkan hak pilihnya untuk Pilkada nanti. ‘’Jadi kami imbau warga yang sudah 17 tahun atau dalam hal ini pelajar untuk melakukan perekaman,’’ harapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menjadwal untuk melakukan perekaman jemput bola ke sekolah setelah musim libur sekolah berakhir. Hal itu dilakukan untuk mengejar perekaman ribuan pemohon KTP baru tersebut.

Berita Terkait :  Dukung Pertumbuhan UMKM Jawa Timur, Lion Parcel Tawarkan Ongkos Kirim Paket Antarkota Mulai dari Rp6 Ribu

Sementara itu, Toni Setiowati, salah seorang pelajar yang melakukan perekaman dan cetak E-KTP di Dispendukcapil mengaku senang sudah memiliki KTP.

Layanannya pun cukup mudah dan cepat. Pelajar kelas 10 SMAN 2 Kota Madiun itu sengaja memanfaatkan libur untuk melakukan perekaman dan cetak KTP. Menurutnya, kartu identitas kependudukan perlu dan penting.

‘’Pastinya kita butuh kartu identitas ya. Apalagi saat bepergian. Nanti juga butuh saat kuliah atau kerja,’’ ungkap gadis yang genap berusia 17 tahun pada April lalu itu. [dar.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img