Situbondo, Bhirawa.
Untuk ikut meningkatkan produktivitas hasil karya warga binaan pemasyarakatan atau WBP serta untuk memperluas pemasaran produk, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Situbondo Kantor Wilayah Jawa Timur melakukan pemasaran produk unggulan Teh Celup Fresh Mint di Pusat oleh-oleh di Situbondo, Senin (9/12).
Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan, proses pemasaran produk WBP tersebut bukan hanya sekadar menjual hasil pertanian, tetapi juga berbentuk keberhasilan proses pembinaan di dalam Rutan Situbondo. “Dari kegiatan ini dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa di dalam Rutan, WBP tidak hanya menghabiskan waktu dengan percuma, tetapi juga aktif mengembangkan keterampilan yang dapat berguna bagi masyarakat,” tutur Rudi.
Rudi Kristiawan menambahkan, kegiatan pemasaran ini menjadi bukti nyata dari program pembinaan di Rutan Situbondo sehingga menciptakan citra Rutan yang tidak hanya konsumtif tetapi juga produktif. “Ini merupakan bukti nyata dukungan Rutan Situbondo terhadap Program Asta Cita Presiden dan Program Akselerasi Menteri Imipas dalam mendukung UMKM di Kota Santri Pancasila, Situbondo,” ujar Rudi.
Masih kata Rudi, kegiatan tersebut dilaporkan Karutan Situbondo dan mendapatkan dukungan dari Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Peni Juwito. ‘Kakanwil sangat mengapresiasi atas kegiatan optimalisasi penggunaan produk Rutan Situbondo. Kakanwil juga berterimakasih kepada Rutan Situbondo atas inisiatifnya dalam memasarkan produk Teh Celup Fresh Mint ke masyarakat umum. Semoga produk WBP Rutan Situbondo tersebut dapat bersaing di pasar global,” pungkas Peni Juwito.[awi.ca]