33 C
Sidoarjo
Tuesday, October 22, 2024
spot_img

PCNU Surabaya Ajak Warga Ramaikan Puncak Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan

Surabaya, Bhirawa.
Acara puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Surabaya bakal diisi penampilan drama kolosal yang menceritakan perjuangan santri saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Maka dari itu, selaku pelaksana acara, PCNU Surabaya mengajak masyarakat untuk datang meramaikan Hajatan Nusantara di Monumen Tugu Pahlawan tersebut.

Ketua PCNU Surabaya, Masduki Toha mengatakan, puncak peringatan Hari Santri Nasional 2024 akan dilaksanakan pada Selasa 22 Oktober 2024 mulai pukul 19.00 WIB.

“Besok (22 Oktober 2024) adalah puncak di mana di buka Istighosah Akbar, Tahlil Kubro, ada pembacaan Sholawat, dan pembacaan riwayat para pahlawan,” ujar Masduki, Senin (21/10/2024).

Ia menambahkan, acara yang akan menjadi puncak yakni penampilan drama kolosal dari komunitas Surabaya Juang pimpinan Heri Lentho.

“Yang paling pokok adalah drama kolosal, yang menggambarkan bagaimana resolusi jihad fisabilillah itu terjadi di Surabaya,” ungkap dia.

Ia menyampaikan, melalui penampilan drama kolosal ini menunjukkan bahwa santri menjadi salah satu pelaku sejarah. Sehingga fakta tersebut perlu diketahui dan disampaikan ke masyarakat umum.

“Saya berharap warga NU Kota Surabaya khususnya, dan umumnya seluruh warga Kota Surabaya untuk berduyun-duyun menyaksikan drama kolosal sekaligus sebagai puncak Hari Santri di Surabaya agar betul-betul masyarakat bisa mengetahui persis bagaiman sebenarnya resolusi jihad itu bisa terjadi,” jelasnya.

Dalam acara puncak tersebut, PCNU Surabaya bakal melaunching website pondok pesantren Surabaya Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI).

Berita Terkait :  DKPP Kota Madiun Gelar Gerakan Pangan Murah di Lapak Palereman

Serangkaian acara Hari Santri Nasional dimulai PCNU Surabaya sejak 13 Oktober 2024 kemarin, mulai dari napak tilas ke makam kiai-kiai NU, bazar UMKM, pengobatan gratis, diskusi, lomba Nadhom Aqidatul Awam, festival banjari. (dre.hel)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img