33 C
Sidoarjo
Tuesday, October 22, 2024
spot_img

Pangkoarmada II Pastikan Kesiapan Pasukan Latihan Glagaspur TK III/L-3

Surabaya, Bhirawa.
Pangkoarmada II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo memastikan kesiapan pasukan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/L-3 Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II Semester II TA 2024.

Kepastian ini dilakukan dengan apel gelar pasukan Glagaspur di Dermaga Semampir Lama Ujung Surabaya, Senin (21/10).

“Latihan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan prajurit dalam berbagai skenario yang mungkin terjadi di medan pertempuran. Serta memperkuat sinergi antar unsur KRI yang terlibat,” tegas Pangkoarmada II.

Pihaknya pun melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan alutsista dan prajurit yang terlibat. Sehingga nantinya latihan dapat berjalan dengan sukses dan dapat mencapai hasil sesuai dengan yang telah ditargetkan.

Latihan Glagaspur Tingkat III/L-3 unsur-unsur Satfib Koarmada II ini, merupakan salah satu bentuk pembinaan satuan. Sekaligus wahana untuk melaksanakan uji coba guna mengukur kemampuan KRI dalam lingkup kerjasama taktis.

“Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan merupakan sarana pengujian doktrin operasi sesuai fungsi satuan. Yakni mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pengakhiran,” kata Ariantyo.

Pihaknya berharap Glagaspur ini bisa mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan. Baik itu secara perorangan maupun kelompok, dengan komponen penilaian yang meliputi penguasaan teori dan praktek.

“Pesan saya, selalu utamakan kerja sama dan koordinasi yang baik antar unsur yang terlibat. Sehingga akan diperoleh hasil yang maksimal dengan zero accident,” pungkasnya.

Berita Terkait :  Cara Pj Wali Kota Mojokerto Rayakan Kemerdekaan Ke-79 RI dengan Ketuk Rumah Keluarga Veteran

Latihan Glagaspur Tingkat III/L-3 unsur-unsur Satfib Koarmada II Semester II melibatkan tiga kapal perang jajaran Satfib yakni KRI Multatuli-561, KRI Makassar-590, dan KRI Teluk Ende-517.

Selain kapal perang juga melibatkan ratusan personel dari Satfib Koarmada II, Dislambair, Satkopaska, Kolat Koarmada II, Diskes Koarmada II, serta Dispen Koarmada II. Sementara lokasi yang dipilih untuk latihan yakni di sekitar Tanjung Jangkar Banongan. [bed.dre]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img