35 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Waduk Wonorejo Tawarkan Wisata Sport Air Paddling yang Penuh Sensasi


Oleh:
Wiwieko, Tulungagung

Berwisata di Waduk Wonorejo kini semakin asyik. Utamanya, bagi para wisatawan yang menyenangi olahraga air karena di Waduk Wonorejo kini tersedia wahana air paddling.

Paddling merupakan cabang olahraga selancar air. Olahraga ini memadukan dua alat yang dayung (paddle) dan papan selancar (board). Daya dorong dari olahraga paddling ini berasal dari mengayunkan dayung.

Wahana paddling di Waduk Wonorejo disebut masih satu-satunya di Jawa Timur dan dibuka sejak bulan Agustus 2024 lalu. Bahkan karena wahana olahraga tersebut terbilang baru, pihak Waduk Wonorejo menyediakan instruktur bagi mereka yang sedang belajar olahraga paddleboarding tersebut.

Kasubdiv Pengendalian Operasional Bisnis Perum Jasa Tirta I, Marturiawan Kristiono Putro, Sabtu (19/10) sore menyatakan saat ini di Waduk Wonorejo sedang dikembangkan sebagai tempat wisata education and sport tourism. Termasuk dengan mengembangkan wahana paddling.

“Salah satu sport tourism yang coba kita wujudkan adalah dengan paddling. Padling ini baru dimulai di bulan Agustus dan membawa sensasi baru di olahraga air. Apalagi juga dinikmati sambil melihat pemandangan sekitar Waduk Wonorejo yang syahdu,” ujarnya.

Ia pun menyebut tarif permainan paddling di Waduk Wonorejo termasuk murah dan terjangkau. Hanya Rp 85 ribu per jam. Lebih murah dibanding tarif di Pangadaran.

“Kalau sekaligus dengan dokumentasinya di Waduk Wonorejo cukup Rp 100 ribu. Itu pun sudah termasuk ditemani tim safety,” paparnya.

Berita Terkait :  Dorong Pertanian Berkelanjutan, PT Petrokimia Kampanye Pemupukan Berimbang Petani Bawang Putih

Marturiawan selanjutnya membeberkan jika sejak dibuka olehraga paddling di Waduk Wonorejo, animo masyarakat, utamanya komunitas dan generasi milenial serta gen Z cukup tinggi. Terlebih wahana paddling dibuka setiap hari.

“Dengan adanya olahraga paddling kami ingin mendatangkan wisatawan milenial dan gen Z. Selain juga untuk memberikan sosialisasi tentang kelestraian lingkungan,” paparnya lagi.

Sementara itu, Marwan, salah seorang penggiat olahraga paddling mengungkapkan jika bermain paddling cukup aman. Bahkan bagi mereka yang pemula.

“Teknik khususnya, bisa jaga keseimbangan saja. Saat mendayung usahakan bisa imbang kanan-kiri, biar bisa lurus ke depan. Dan bagi pemula wajib pakai pelampung,” tuturnya.

Pria yang berasal dari sekitar Waduk Wonorejo itu selanjutnya mengatakan bermain paddling sangat menyenangkan. Terlebih air di Waduk Wonorejo sangat tenang dan pemandangan alamnya yang memesona.

“Pokoknya seru main paddling di Waduk Wonorejo. Banyak spot menarik di Waduk Wonorejo saat paddling,” ucapnya. [wed.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img