28 C
Sidoarjo
Tuesday, October 22, 2024
spot_img

Fun Run dan Mario Ginanjar Meriahkan Puncak BIK OJK Malang 2024


Kota Malang, Bhirawa
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang bersama Industri Jasa Keuangan memggelar BIK Fun Run 2K24, menandai puncak Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024. Acara bertema Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif, digelar di Car Free Day, Jalan Sultan Agung Kota Batu, Minggu (20/10) kemarin.

Selain Fun Run puncak BIK ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari edukasi keuangan, olahraga bersama, FinExpo, hingga pasar UMKM. Mengusung tagline Dapat Sehatnya, Dapat Hadiahnya dan Dapat Bahagianya, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan hadirnya dengan bintang tamu Mario Ginanjar, salah satu vokalis grup musik Kahitna.

Kepala OJK Malang Biger Adzanna Maghribi, menyebut ia memilih Kota Batu sebagai puncak kegiatan OJK, lantaran Kota Batu sedang berulang tahun yang ke-23.

“Kami bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan sengaja pilih agar dapat ikut bersama merayakan HUT ke-23 Kota Batu, selain memang udaranya yang sejuk, sehingga pas untuk kegiatan puncak BIK,”ujanya.

Ditambahkan Biger, rangkaian literasi keuangan ini juga menyasar teman-teman disabilitas, khususnya yang ada di Kota Batu. ”Kita sangat mengapresiasi bakat – bakat mereka,” tandasnya.

Sementara target dari edukasi ini, imbuh Biger, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan atau SNLIK, Malang ini termasuk bagus karena setara dengan nasional.

“Namun edukasi harus tetap berjalan untuk meningkatkan pemahamannya karena masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa-jasa di industri keuangan tapi belum paham maksud dan tujuannya, maupun hak dan kewajiban, tentunya dengan partisipasi banyak pihak termasuk media,” paparnya.

Berita Terkait :  Dukung Gaktiblin, Propam Polres Situbondo Periksa Kedisiplinan Anggota

Puncak BIK kali ini juga menjadi momen membanggakan bagi Axel dan Serene Juita Darmawati terpilih sebagai Juara I Dutaku – Duta Literasi Keuangan OJK Malang 2024 setelah melewati proses seleksi yang ketat dan berbagai pembekalan.

“Tugas kami nantinya menginspirasi teman-teman dari kalangan muda serta membersayakan masyarakat luas agar lebih ‘melek’ literasi keuangan,” ungkap Juita yang merupakan mahasiswa Perpajakan Universitas Brawijaya yang sekaligus menyabet juara favorit versi netizen ini.

Sementara Axel Adrian dari Prodi Manejemen Universitas Negeri Malang (UM) ini mengaku tidak menyangka akan menjadi juara bersama Juita, mengingat para calon lain yang latar belakangnya cukup kuat di bidang literasi.

“Tapi memang kebetulan saya pernah punya Komunitas Anak Cinta Literasi dan Bahasa Indonesia yang sempat menjadi juara di tingkat provinsi Jawa Timur, yang mungkin menjadi bekal kuat dalam presentasi saya,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana BIK Fun Run 2K24 Lucia Ike Purwandini mengaku7 kegiatan ini diikuti sedikitnya 1.000 pelari/runner.

“Kami sengaja memilih olahraga lari agar masyarakat sehat, sehingga perekonomian juga sehat dan kuat,” ungkap Vice President Area Head Bank Mandiri Malang itu.

Lucia menerangkan, Fun Run ini juga diikuti 40 industri jasa keuangan, termasuk perbankan, sekuritas hingga asuransi melalui booth-booth yang memenuhi sepanjang kawasan Car Free Day di Jalan Sultan Agung itu. ”Ini juga sebagai bagian dari edukasi agar masyarakat semakin ‘melek’ terhadap industri jasa keuangan,” tandasnya. [mut.fen]

Berita Terkait :  Pj Wali Kota Malang Segerakan Tahapan Penataan Parkir Kayutangan

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img