35 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Bank Jatim Terus Membangun Komunikasi Interaksi Bersama Pelaku UMKM


Surabaya, Bhirawa
Mendukung inovasi dan promosi produk UMKM lokal, Pemprov Jatim berkolaborasi bersama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) menggelar DISKO FEST 2024 yang diadakan di ex Taman Remaja Surabaya mulai tanggal 18-20 Oktober 2024.

Direktur Utama bankjatim, Busrul Iman mengungkapkan latar belakang dari kegiatan ini adalah dengan jumlah 9 juta pelaku UMKM di Jawa Timur dan ini menjadi potensi yang bagus bagi bankjatim sebagai bank daerah untuk turut serta untuk menopang pertumbuhan ekonomi regional.

“Inilah peran bankjatim untuk memberikan bantuan dalam bentuk permodalan maupun pendampingan. Tetapi itu semua butuh literasi pada pelaku UMKM selain inklusif dan kami dari bankjatim menumpang untuk itu dan kami terus membangun komunikasi, interaksi dengan pelaku UMKM sehingga nanti akan sama-sama tumbuh di wilayah Jawa Timur ini,* terangnya, Minggu (20/10).

Busrul Iman menambahkan bahwa ini juga merupakan tugas bankjatim selain untuk menumbuhkan perekonomian wilayah Jawa Timur juga bertanggungjawab mengembangkan ekonomi mikro, ritel terutama UMKM dan pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah, portofolio kami masih terus bertumbuh dan masih didominasi oleh sektor konsumtif, karena sektor ini juga yang mendorong pertumbuhan nasional maupun di regional. Tetapi porsi sektor produktif terutama UMKM kami tumbuh cukup tinggi diatas rata-rata industri sekitar 30 persen lebih. Sehingga animo dari pelaku ekonomi masyarakat kepada bankjatim harus kami jaga dan ini merupakan bentuk kepercayaan pelaku UMKM kepada bankjatim untuk terus berkolaborasi kedepannya,” jelasnya.

Berita Terkait :  Miris, Polres Tulungagung Setiap Tiga Hari Berhasil Tangkap Satu Pengedar Narkoba

Jadi saat ini, bankjatim selain menyalurkan kredit kepada UMKM kami juga menciptakan branding bahwa bankjatim sangat mendorong pertumbuhan pengembangan UMKM di Jawa Timur. “Pengembangan UMKM dari ultra mikro naik kelas jadi mikro sampai menjadi eksportir,” ujarnya.

Sementara itu, DISKO FEST 2024 bertujuan untuk mewujudkan mimpi UMKM Indonesia mendunia. Dan yang menjadi sorotan utama kegiatan ini tertuju pada konser gratis dengan menampilkan bintang tamu penyanyi top seperti Tiara Andini, yang akan jadi bintang tamu utama. Kemudian ada juga D’Masiv, Coldiac dan FakeDopp.

Selain Bazaar UMKM dan koser musik, pengunjung juga dapat mengikuti seminar dan talkshow seputar keuangan, kompetisi menggambar untuk tingkat SD dan SMP, Fun Cupping Competition, Reels Challenge, serta Zumba Party.

Bagi para pecinta budaya pop, Cosplay Competition dan acara Noraebang & Random Play Dance (RPD) bersama DJ Bernard juga bakal turut memeriahkan event ini.

Bahkan semua acara di DISKO FEST 2024 digelar terbuka untuk umum dan gratis. Pengunjung hanya perlu melakukan scan barcode untuk registrasi.

Dengan mengedepankan inovasi dan kolaborasi, DISKO FEST 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk lebih berkembang lagi. [riq.gat]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img