35 C
Sidoarjo
Wednesday, October 23, 2024
spot_img

Digelar di UB Forum Rektor Rumuskan Kebijakan Akselerasi Kewirausahaan Hijau


Kota Malang, Bhirawa
Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTNI) menggelar Forum Rektor di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) Hari Rabu (16/10) kemarin. Sebanyak 28 Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia ambil bagian pada kegiatan ini, untuk merumuskan kebijakan pelaksanaan wirausaha merdeka di Perguruan Tinggi (PT).

Rektor UB, Prof Widodo mengatakan, forum ini dibagi dalam dua kegiatan utama. Yakni seminar pengembangan kewirausahaan dan lokakarya pengembangan kewirausahaan mahasiswa. Seminar ini bertemakan Masa Depan Kewirausahaan Hijau: Integrasi AI dan Model Bisnis Berkelanjutan.

Prof Widodo menyebut, tema ini diambil karena upaya meningkatkan potensi kewirausahaan juga harus seiring dengan keberlanjutan lingkungan. Topik ini sangat relevan dan penting. Forum Rektor ini menjadi bagian penting untuk merumuskan kebijakan tentang kewirausahaan mahasiswa. Sebab entrepreneur menjadi bagian penting untuk kemajuan ekonomir suatu bangsa. Di negara lain, entreprenurnya sudah mencapai 11% sampai 16%, sementara di Indonesia baru sekitar 3%, maka harus terus ditumbuhkan.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif MRPTNI, Dr Andi Ilham Mahmud mengungkapkan, melalui semiloka ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah wirausahawan mahasiswa. Namun tetap harus dengan sudut pandang kepedulian terhadap lingkungan.

“Banyaknya wirausahawan ini merupakan simbol kemajuan negara. Tetapi muncul isu negara yang memiliki banyak entrepreneur berpotensi terhadap kerusakan lingkungan. Maka dengan semiloka ini dirumuskan bagaimana kita menciptakan banyak wirausahawan dengan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan,” ujar Andi.

Berita Terkait :  Rutan Sediakan Klinik Pancasila untuk Peningkatan Minat Baca Ratusan WBP

Selain diikuti rektor dan dosen, kegiatan ini juga diikuti mahasiswa dan diwarnai expo yang menampilkan produk unggulan mahasiswa yang telah mendapatkan pembinaan wirausaha.

“Mahasiwa harapannya bisa berkumpul disini untuk merumuskan konsep green entrepreneurship ini,” kata dia.

Wakil Rektor I UB, Prof Imam Santoso menambahkan, hasil dari forum rektor ini akan menjadi rumusan berupa policy brief atau rekomendasi kebijakan. Hasilnya akan disampaikan ke kementerian terkait soal isu – isu pengembangan kewirausahaan berbasis industri hijau ini. [mut]

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow Harian Bhirawa

0FansLike
0FollowersFollow
0FollowersFollow
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_imgspot_imgspot_img