Udeng Okra Dipatenkan Jadi Ciri Khas Kraksaan

Probolinggo, Bhirawa
Pelaksanaan Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo, semua peserta paripurna khususnya pria mengenakan pakaian khas Jawa Timur, dipadu dengan udeng atau penutup kepala. Udeng ini dibuat secara khusus. Udeng ini namanya Udeng Okra (Orang Kraksaan). Udeng ini menjadi ciri khas atau identitas diri Kraksaan yang merupakan ibukota Kabupaten Probolinggo.
Secara resmi, Bupati Probolinggo P Tantriana Sari menjadikan Udeng Okra menjadi buah tangan khas Kraksaan. Yang menjadi ciri khas udeng Okra ini adalah motif batik yang menggambarkan aktivitas masyarakat Kraksaan. Menurut bupati Hj. P. Tantriana Sari, Rabu (19/4) menjelaskan, sejak Selasa Kemarin pada Rapat Paripura DPRD, udeng okra dipatenkan menjadi ciri khas dan oleh-oleh dari Kraksaan Probolinggo.
Ia menjelaskan, udeng ini memiliki seribu cerita dan filosofi dibaliknya. “Harapannya, udeng ini bisa dikenal masyarakat luas. Orang pakai udeng langsung mengingat Probolinggo. Ke depan, kami ingin udeng ini menjadi identitas diri Probolinggo,” katanya.
Tidak hanya itu, Tantri mengakui akan mewajibkan semua pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk memakai udeng saat bekerja. “Rencananya habis ini akan saya wajibkan semuanya pakai udeng. Bahkan, kalau bisa masyarakat pun juga pakai udeng dalam beraktivitas. Misa berjualan di pasar, atau lainnya semuanya pakai udeng. Jadi, saat ada pengunjung yang ke Probolinggo, tahu bahwa udeng itu milik kita,” tegasnya
Lebih lanjut dikatakannya, tema memantapkan sinergitas membangun desa sendiri adalah tema dalam rangka hari jadi kabupaten Probolinggo  ke 271. Alokasi  sebagai city branding kabupaten Probolinggo. Lima tanda kehormatan dari presiden Satya lencana menjadi sederet prestasi yang telah di raih terkait management pemerintahan daerah terbaik. Semua elemen masyarakat yang telah memberikan yang terbaik bagi kabupaten Probolinggo.
Mengusulkan pencanangan SP2D online, pencanangan pakaian khas sebagai satu implementasi endless Probolinggo. Pencanangan nasi pesisir, pencanangan surat elektronik. Secara simbolis bupati menyerahkan Piagam pencanangan nasi rawon, nasi pesisir, pencangana surat elektronik, pencanangan SP2 D online. pencanangan baju tradisonal, daerah, dan penandatanganan piagam oleh bupati, dengan piagam Odeng kacong ( Odeng khas kabupaten probolinggo). [wap]

Foto: Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin saat memakai udeng okra.(Wap)

Tags: