Rumah Tahanan Situbondo Gelar Khataman Quran

Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Situbondo saat mengikuti kegiatan khatam Quran serentak di audiorium Rutan. Kegiatan ini digelar bersama WBP se-nusantara Kamis pagi kemarin (20/4). [sawawi/bhirawa].

(Dilakukan Secara Serentak Bersama WBP se-Nusantara)
Situbondo, Bhirawa
Guna untuk ikut memeriahkan puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53, Rutan Situbondo yang beralamat di Jalan Akhmad Jakfar Nomor 1 Situbondo, menggelar kegiatan khatam Quran, Kamis kemarin (20/4). Kegiatan keagamaan berupa khatam Quran itu digelar secara serentak se-nusantara dengan melibatkan sedikitnya 120 WBP yang terbagi dalam 4 kelompok.  Acara dimulai sekitar pukul 08.00 wib yang juga dihadiri seluruh keluarga besar pegawai Rutan Situbondo.
Kepala Rutan Situbondo Eka Priyatna mengatakan kegiatan khatam Quran ini dilakukan secara bersamaan di Tanah Air dengan dipusatkan di LP Cipinang Jakarta. Hadir dalam pembukaan acara diantaranya Menteri Hukum dan HAM RI Yasona Laoly dan Ketua Nusantara Mengaji Indonesia Muhaimin Iskandar. Kegiatan khatam Quran tercatat sebagai upaya yang sangat positif bagi keluarga besar Pemasyarakatan di Indonesia karena menitikberatkan pada nilai nilai keagamaan. “Semua stake holder Rutan Situbondo ikut hadir kemarin,” ungkap Eka Priyatna.
Masih kata Eka Priyatna, dalam pelaksanaan kegiatan khatam Quran yang diikuti WJB Rutan Situbondo kemarin tampak berjalan lancar dan sukses. Kata Eka, kegiatan khatam Quran ini selain dapat mempererat tali silaturrahim juga bertujuan untuk mewujudkan revolusi mental bagi WBP Situbondo. “Dengan kegiatan khatam Quran ini kami yakin dapat merubah prilaku para WBP agar kedepan bisa menjadi insan yang lebih baik,” papar Eka Priyatna.
Eka Priyatna bersyukur pelaksanaan khatam Quran sejak awal dibuka hingga selesai berjalan dengan khusuk karena mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen berikut stake holder Rutan Situbondo. Diantaranya, sebut Eka Priyatna, perwakilan dari Pondok Pesantren (ponpes) Al-Maliki, Koncer Bondowoso; perwakilan Aisyiyah dan Nusantara mengaji asal Kabupaten Situbondo. “Kami sangat berterimaksih atas lancarnya acara khatam Quran ini,” terang Eka Priyatna.
Salah satu WBP Rutan Situbondo, H Imron Rosyidi, ketika dimintai tanggapannya perihal  kegiatan khatam Quran sangat mengapresiasi dan mendukung penuh atas prakarsa mulia tersebut. Pasalnya, kata mantan anggota KPUD Situbondo, banyak makna dan manfaat yang dipetik dari kegiatan religius tersebut. “Kami pribadi sangat mendukung kegiatan khatam Quran ini. Sebab kegiatan ini sangat sesuai dengan program perwujudan perubahan prilaku para WBP dan gerakan revolusi mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo,” pungkas H Imron Rosyidi. [awi]

Tags: