Presiden Jokowi Bakal Hadiri Hari Otoda di Sidoarjo

Beny Airlangga. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Presiden Joko Widodo alias Jokowi, dipastikan akan datang menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) tahun 2017 ini, pada Selasa (25/4) yang akan datang di Kab Sidoarjo. Kepala Bagian Pembangunan Pemkab Sidoarjo, Beny Airlangga SH, menyampaikan kepastian ini diterima dari pihak Kemendagri.
Pada kegiatan yang akan dilangsungkan di Alun-alun Kota Sidoarjo itu, kata Beny, akan dihadiri kurang lebih 2 ribu tamu undangan, dari berbagai daerah di Indonesia. Di alun-alun akan disiapkan panggung dan tenda untuk tamu dan undangan.
”Tamu dari Pusat kurang lebih 300 an yang berasal dari berbagai Kementerian, Gubernur, Bupati/Walikota yang akan mendapatkan penghargaan dari Presiden,” jelas Beny, Rabu (19/4) kemarin.
Kemudian sekitar 300 an undangan dari Prov Jatim dan sisanya dari Kab Sidoarjo sendiri. Dalam hari Otoda tahun ini, Presiden akan memberikan penghargaan Satya Lencana dan Parasamnya Purnakarya Nugraha. Kab Sidoarjo sendiri kata Beny, akan mendapatkan penghargaan Parasamnya Purnakarya Nugraha yang akan diterimakan kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.
”Penghargaan ini karena Kab Sidoarjo dalam LPPP mulai tahun 2014 sampai 2016 mendapat nilai sangat baik,” jelas Beny, yang dalam persiapan hari Otoda 2017 ini sebagai Sekretaris Lokal Kabupaten.
Dalam kesempatan itu, dilokasi itu Beny, akan ada stand-stand pameran pelayanan publik dari 3 provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota  di Indonesia yang akan memamerkan inovasi pelayanan publiknya. Termasuk stand dari Kab Sidoarjo.
”Mereka yang berpameran dalam stand itu, termasuk daerah yang mendapatkan penghargaan inovasi pelayanan public,” kata Beny.
Sementara, pada malam hari kegiatan ini akan dilanjutkan oleh Mendagri yang akan memberikan penghargaan pada daerah yang mampu menciptakan inovasi baru pelayanan publik. Untuk menyemarakkan acara,  panitia menyediakan sebanyak 10 ribu porsi makanan khas menu Jatim. Tentunya juga dari Sidoarjo, seperti makanan khas kupang lontong dan kupang cecek.
”Juga ada hiburan musik, campur sari dan seni budaya,” kata Beny.
Sebelum hari H, tambah Beny, dari pihak Dinas Perindag Sidoarjo,  akan ikut meramaikan acara dengan menggelar pameran produk UKM, mulai tanggal 21 sampai 23 April 2017. Tamu undangan yang sudah datang ke Sidoarjo maupun masyarakat Sidoarjo, dapat memanfaatkan acara yang akan digelar di Alun-alun Sidoarjo sebelah barat itu. [kus]

Tags: