Polres Situbondo Amankan Kayu Gelondongan Ilegal

Polisi bersama Tim Polhut saat membawa puluhan gelondong kayu jati ke Mapolres Situbondo kemarin. [sawawi/bhirawa].

Situbondo, Bhirawa
Tim gabungan yang terdiri dari Polisi Hutan dan Polres Situbondo berhasil mengamankan puluhan kayu jati kemarin (20/4). Kini kayu kayu tanpa disertai dokumen sah dan bukti kepemilikan itu disita polisi untuk kepentingan proses penyidikan. Sebelumnya tim gabungan juga berhasil menyita dan mengamankan puluhan kayu rimba di areal KRPH Selowogo Bungatan. Temuan kayu kayu milik negara ini menambah daftar kasus pencurian kayu milik negara atau illegal logging di kawasan hutan Situbondo.
Informasi Bhirawa menyebutkan, saat itu Tim Resmob Polres Situbondo melakukan patroli dan berhasil menangkap pelaku pembalakan liar atau illegal logging. Ia adalah Jumahri (51) warga Dusun Randu, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo.
Selain itu, tim Resmob Polres Situbondo  juga berhasil mengamankan barang bukti (BB)  kayu jati sebanyak dua truk dan tiga pikap yang diduga kuat hasil pembalakan liar. “Polisi juga menyita kayu jati berbentuk papan dan kusen rumah,” ujar Kasat Reskrim, AKP I Gede Lila Buana Arta.
Diperoleh keterangan, terungkapnya Jumahri sebagai pelaku pembalakan liar di lahan hutan Perhutani tepatnya di Desa  Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo itu, berawal dari informasi  warga tentang adanya pelaku pembalakan liar kemrin.
Dengan cepat polisi menindaklanjuti  laporan  tersebut dan lagsung menuju loka penebangan kayu jati  di  areal hutan  milik BKPH Panarukan. Kata Kasat Reskrim, dirinya yang langsung memimpin tim Resmob Polres  Situbondo saat menggerebek rumah Jumahri. “Dari penggerebekan  petugas gabungan tim resmob Polres Situbondo dan petugas Perhutani BKPH Panarukan berhasil mengamankan barang bukti  (BB)  ratusan gelondong kayu jati,” aku Kasat Reskrim.
Untuk proses hukum lebih lanjut, lanjut Kasat Reskrim, kini Jumahri berikut sejumlah barang bukti (BB) sudah diamankan ke Mapolres Situbondo. Usai diperiksa, terangnya, Jumahri langsung dijebloskan ke sel tahanan Mapolres Situbondo.
Di lain pihak, Kasubag Humas Polres Situbondo Iptu Nanang Priyambodo  membenarkan penangkapan pelaku pembalakan liar dan sejumlah barang bukti kayu jati hasil illegal logging kemarin. Kata Nanang saat diminta tentang  dokumen kayu, Jumahri tidak dapat menunjukan kepada petugas gabungan. “Semua BB kayu sudah disita di Mapolres Situbondo,” aku Nanang Priyambodo. [awi]

Tags: