Pemkot Kediri Desak BPS Himpun Data Secara Akurat

Kepala kantor BI Kediri Joko Raharto memberikan materi tentang data.

Kepala kantor BI Kediri Joko Raharto memberikan materi tentang data.

Kota Kediri, Bhirawa
Pemerintah Kota Kediri meminta Badan Pusat Statistik (BPS) setempat untuk menghimpun data yang akurat serta sesuai fakta perekonomian di lapangan. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Pemkot Kediri Budwi Sunu saat ditemui pada Sosialisasi Manfaat Data dalam Mendukung Perekonomian Suatu Daerah di Kantor Bank Indonesia Kediri, Rabu (30/11).
Budwi Sunu menjelaskan melalui data yang dihimpun maka perekonomian di wilayah kerjanya dapat termonitor. “Sehingga masyarakat Kota Kediri juga bisa melihat perkembangan performa ekonomi daerahnya Salah satunya guna mengetahui kondisi Produk Domestik Regional Bruto PDRB Kota Kediri,” katanya.
Kepala BPS Kota Kediri Ellyn T Brahmana membenarkan bahwa dengan adanya data maka masyarakat di suatu daerah seperti di Kediri semakin cerdas. “Dengan data mereka mampu mengukur seberapa besar perekonomian daerahnya dapat tumbuh dan menunjukkan kinerja PDRB yang positif. Misalnya guna melihat bagaimana perkembangan sektor industri skala kecil terutama UMKM maupun skala besar,” ungkapnya.
Lebih lanjut dengan sosialisasi ini akan mengerti dan membaca dengan tepat, sebab dengan keputusan yang tepat kebijakan bisa tahan “Dengan data kebijakan didalam mengambil keputusan apapun misalnya amau meningkatkan sektor apa yang akan kita lakukan melihatnya dari mana. Untuk itu kita mengajak siapa saja untuk memahami data,” terangnya.
Dia menambahkan saat ini pemanfaatan data di Kediri sudah maksimal. kendati demikian memang perlu ditingkatkan “Terlebih tentang pemahaman data.” tandasnya.
Sementara Kepala Kantor BI Kediri Joko Raharto berharap dengan kegiatan ini stakholder memamhami data dengan benar. “Harapannya kebijakan pemerintah harus lebih valid. Karena data itu penting dengan data kebijakan bisa terarah. Data BPS bisa digunakan untuk membuat proyeksi rencana kerja, menentukan sektor apa yang akan digulirkan, atau menanggulangi kemiskinan,” harapnya. [van]

Tags: