Dinas Pendidikan Kab.Blitar Gelar Festival Panji 2015

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono saat menyerahkan Tropy kepada para pemenang Festival Panji ke 3 tahun 2015. Dinas Pendidikan Gelar Festival Panji Tahun 2015. [Hartono/Bhirawa]

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono saat menyerahkan Tropy kepada para pemenang Festival Panji ke 3 tahun 2015.
Dinas Pendidikan Gelar Festival Panji Tahun 2015. [Hartono/Bhirawa]

Kab.Blitar, Bhirawa.
Tingginya persaingan peserta Festival Panji ke 3 tahun 2015 yang digelar di Perkebunan Karanganyar, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok membuat puluhan peserta tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Umum, tampil all out menunjukkan skil dalam bermain panji. Tak sedikit, setiap peserta tampil selalu mendapat aplaus dari penonton.
Pelaksanaan Festival Panji ke 3, berlangsung meriah. Sebab, kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan peserta di empat kategori. Kategori tingkat Sekolah Dasar (SD) diikuti sembilan peserta (kelompok). Kategori SMP diikuti 11 peserta, kategori SMA diikuti sembilan peserta dan kategori umum atau sanggar diikuti empat peserta. Semangat peserta Festival Panji ke 3 yang tampil di panggung, tidak terlepas dari apresiasi Kepal Dinas Pendidikan (Disdik) yang bakal mengangkat panji ke tingkat Provinsi maupun pusat.
“Ke depan, Pemenang Festival Panji tidak hanya berhenti sampai ditingkat kabupaten. Tetapi nanti akan kami kirim untuk mengikuti Festival panji tingkat Provinsi dan Pusat,” kata Totok Subihandono, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.
Bahkan rencananya hal itu akan dilakukan pada pelaksanaan Festival Panji Ke 4 yang digelar tahun depan.  apresiasi tersebut diberikan agar pelajar atau generasi muda, semakin mencintai kesenian panji. Sedangkan festival Panji Ke 3 yang digelar mulai Kamis (22/10) sampai Jumat (23/10) lalu, merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Blitar. “Tujuan diselenggarakan Festival Panji, untuk memperkenalkan dan mencintai kebudayaan atau kesenian warisan nenek moyang, agar tidak punah di masa yang akan datang,” katanya.
Usai pertunjukkan peserta festival Panji ke 3, pukul 17.00. panitia melalui tim juri langsung mengumumkan pemenang di masing-masing kategori. Untuk kategori peserta tingkat Sekolah Dasar (SD), pemenang pertama di raih UPTD Sutojayan. Juara kedua diraih UPTD Talun. Dan juara ketiga diraih UPTD Ponggok.
Kategori Sekolah Menengah Atas (SMA), juara pertama diraih SMPN 3 Ponggok, Juara kedua diraih SMPN 2 Gandusari, dan juara ketiga diraih SMPN 2 Sutojayan. Sedangkan kategori Sekolah Menengah Atas (SMA), juara pertama diraih SMAN 1 Srengat, juara kedua diraih SMAN 1 Sutojayan, dan juara ketiga diraih SMKN 1 Kademangan.
Sedangkan untuk kategori umum atau sanggar, juara favorit diraih oleh Sanggar Guyuping Budaya, juara ketiga diraih Sanggar Lagung, Juara kedua diraih sanggar Wijaya Kusuma, dan juara pertama kategori umum diraih Sanggar Patrialoka. “Masing-masing pemenang, mendapatkan piala dan piagam serta hadiah lainnya,” imbuh pria berkopyah ini. [htn,adv]

Tags: