Tayang pada: Wed, Oct 1st, 2014

Nasional Pecah, Gerindra dan PDIP Justru Berkoalisi di Pamekasan

2-koalisi-PDIP-dan-gerindraPamekasan, Bhirawa
Pasca Pilpres Juni lalu, sejumlah partai politik (parpol) terpecah dalam memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dua parpol seperti Partai Gerindra dan PDIP, berkompetisi mencalonkan pasangan masing-masing. Yakni pasangan Prabowo-Hatta yang diusung Gerindra dan Jokowi-JK yang diusung PDI Perjuangan.
Bahkan, pertentangan kedua parpol besar juga terjadi saat sidang paripurna DPR RI terkait pembahasan pemilu langsung dan pemilu yang dikembalikan ke DPR. Sehingga akhirnya, partai koalisi Merah Putih berhasil memenangi voting pemilu kembali ke DPR.
Namun demikian, situasi tersebut berbeda dengan yang terjadi di DPRD Pamekasan. Justru, hubungan kedua parpol tersebut terbilang mesra. Bahkan, keduanya tergabung dalam dalam satu fraksi. Yakni Fraksi Merah Putih. “Untuk Pamekasan, saya anggap memang yang paling aneh. Sebab memang demikian adanya,” kata Ketua DPC Gerindra Pamekasan Agus Sujarwadi,¬† Rabu (1/10).
Dijelaskan Agus, kebersamaan Gerindra dan PDI Perjuangan di Pamekasan sudah terjalin sejak Pileg 2009 lalu. Sehingga saat ini kembali dilakukan karena persamaan persepsi dan asas kepartaian. “Kita sama-sama memiliki background nasionalis dan religius. Dengan pertimbangan itu, kita bergabung dengan PDIP,” ungkapnya.
Diakuinya, memang banyak masukan dan ajakan dari pihak luar untuk mengajak bergabung¬† kedua parpol tersebut. Tetapi, kebersamaan selama 5 tahun sebelumnya dijadikan sebagai rujukan kembali untuk tetap menjalin koalisi hingga saat ini. “Awalnya mendapat teguran (dari DPP Gerindra). Tapi setelah dijelaskan, pihak DPP baru mengerti dengan keadaan ini,” jelasnya.
Lebih lanjut ditegaskan, berkenaan dengan persoalan yang terjadi di tingkat nasional, Agus mengatakan tidak mau terbawa arus dengan persoalan tersebut. “Kita bicara kabupaten saja. Hanya saja masalah nasional belum tentu terjadi di kabupaten,” pungkasnya. [din,bjt]

Tulis Komentar

Custom Search