Dispenduk dan Dinsos Buat Akta Khusus Anak Jalanan

Situbondo, Bhirawa
Banyaknya warga Situbondo yang belum memiliki akta kelahiran, mendapat perhatian serius jajaran Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Situbondo. Setelah sebelumnya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, kali ini Dispenduk Capil juga menggandeng Dinas Sosial, untuk memperoses akta khusus buat anak jalanan.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Muhammad Sifa menjelaskan, anak-anak jalanan itu harus mendapatkan perhatian yang sama, agar mereka bisa merubah nasibnya. “Saat ini akta kelahiran itu menjadi persyaratan penting bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan maupun mencari kerja,” terang M. Sifa.
Saat ini masih banyak warga Situbondo tak memiliki akte kelahiran. Salah satu penyebabnya yaitu surat nikah. “Banyak dari mereka tidak bisa membuat akta kelahiran,  karena kurangnya persyaratan administrasi surat nikah dari orang tuanya,” tegas masntan Kadis Pertanian itu.
Sifa menambahkan, mulai tahun 2014 ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sudah merancang pelayanan administrasi kependudukan keliling. Ini dilakukan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Nanti kami akan memakai mobil keliling, sehingga pelayanan administrasi kependudukan bisa dilakukan di setiap Desa,” pungkas mantan Staf Ahli Bupati itu kemarin. [awi.hel]