18 Perusahan Raih Perhargaan ZAA

Tuban, Bhirawa
Sebanyak 18 Perusahaan di Tuban, baik berasal dari badan usaha milik negara (BMUN) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan swasta, hingga rumah sakit, menerima penghargaan Zero Accident Award (ZAA) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI yang serahkan oleh Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Husein, M. Si di alon-alon pemkab pada Upacara Bulan Bakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, kemarin, Selasa (11/2).

“Perusahan yang mendapatkan penghargaan ZZA harus menjadi contoh bagi perusahan lain yang belum sama sekali mendapatkannya, karena keselamatan kerja adalah tanggungjawab penuh perusahan” Kata Noor Nahar yang juga mantan ketua Kadin Tuban ini.

Ke-18 perusahaan tersebut yang mendapatkan perhargaan ZAA diantaranya, Perum Perhutani KPH Tuban, KPH Jatirogo, KPH Kebunharjo, JOB Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), CV Laron Putra Manunggal, PT Warahma Biki Makmur, Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG), Trans Pasific Petrochemical Indonesia (TPPI), Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tuban, PT Anurgrah Abadi Sejati, Hotel Tropis, Hotel Purnama, PT Pos Indonesia, PT Sumber Multi Rejeki, RSAB Muhamadiyah, RSUD dr.Kosema, RS Medika Mulya dan RSNU Tuban.
“Penghargaan ini diberikan selain nihil kecelakaan kerja juga dinilai telah menerapkan sistem keamanan keselamatan dan memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh karyawan,” Tambahnya.

Tujuan (Kemenakertrans) RI memberikan penghargaan ini untuk seluruh perusahan di Indonesia lebih membudayakan K3, utamanya pada perusahaan di Kabupaten Tuban yang saat ini mengarah pada kota industri, sehingga nantinya bisa tercipta tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif.

“Program keselamatan K3 merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan, dan hak dasar dari setiap tenaga kerja secara nasional, oleh karena itu, dalam kondisi apapun, K3 wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundangundangan dan standar yang berlaku” Terang Wabub yang juga Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tuban ini.

Sementara itu, upacara Bulan Bhakti K3 kemaerin (11/2) diikuti  oleh  ratusan karyawan perusahaan yang berada dikabupaten Tuban, PNS dan unsur pelajar tersebut, dihadiri pula oleh jajaran Forpimda Kabupaten Tuban.  Pimpinan SKPD, Kepala dan Direktur Perusahaan, serta Camat se Kabupaten Tuban. [hud]

Rate this article!